Text
Penerapan Metode Karyawisata Dalam Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII Di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan
Kata Kunci : Metode Karyawisata, Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi
Keterampilan menulis teks deskripsi adalah keterampilan siswa untuk
dapat menangkan ide dan pikiran mendeskripsikan sesuatu dalam bentuk tulisan.
Permasalahan muncul di kelas VII MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo
Pamekasan yakni minimnya keterampilan menulis siswa terutama dalam materi
teks deskripsi hal ini dikarenakan penerapan metode pembelajaran yang monoton.
Metode karyawisata adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan
untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. Berdasarkan hal
tersebut terdapat tiga fokus penelitian. Pertama, bagaimana penerapan metode
karyawisata dalam keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di MTs
Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung
dan penghambat penerapan metode karyawisata dalam keterampilan menulis teks
deskripsi siswa kelas VII di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan.
Ketiga, bagaimana dampak penerapan metode karyawisata dalam keterampilan
menulis teks deskripsi siswa kelas VII di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni
observasi partisipatif, wawancara terstruktur serta dokumentasi. Teknik analisis
data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan meliputi reduksi data, penyajian
data serta penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan
siswa serta lembar hasil menulis siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode karyawisata dalam
keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII di MTs Hidayatun
Najah Samiran Proppo Pamekasan sebagai berikut: pertama penerapan melalui
tiga tahapan diantaranya perencanaan meliputi obervasi objek pembelajaran serta
penyiapan buku paket dan RPP, pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, inti
dan penutup. Evaluasi untuk memberikan evaluasi proses pembelajaran. Kedua,
Faktor pendukungnya yakni tersedianya buku penunjang dan objek karyawisata
dekat dengan madrasah serta faktor penghambatnya yakni pembelajaran di tempat
wisata menjadikan siswa kurang karena adanya kejadian alam atau interaksi
lainnya. Ketiga, dampak positif penerapan metode metode karyawisata dalam
keterampilan menulis teks deskripsi yakni siswa mendapatkan gambaran yang
konkrit mengenai hal-hal yang akan ditulis serta siswa mengalami peningkatan
motivasi belajar yang signifikan
Tidak tersedia versi lain