Text
Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Fantasi Kelas VIIA SMP Negeri 7 Pamekasan
Kata Kunci : Video Animasi, Menyimak, Cerita Fantasi
Media pembelajaran merupakan proses yag sengaja dirancang untuk menciptakan
terjadinya kegiatan belajar dalam diri seseorang. Dengan kata lain, media
pembelajaran adalah sesuatu yang bersifat eksternal dan dimaksudkan untuk
mendukung terjadinya proses belajar internal dalam diri individu.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus masalah dalam penelitian ini,
pertama bagaimana penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak
cerita fantasi kelas VIIA SMP Negeri 7 Pamekasan?. Kedua,
apa saja manfaat penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita
fantasi kelas VIIA SMP Negeri 7 Pamekasan?. Ketiga, bagaimana gambaran
peningkatan antusiasme siswa dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi pada
kelas VII A di SMP Negeri 7 Pamekasan setelah dilakukan pembelajaran menyimak
cerita fantasi melalui video animasi?.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kualitatif sebagai pendekatan
penelitian dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya kelas VIIA SMP
Negeri 7 Pamekasan dan peneliti sebagai instrumennya, sedangkan pengumpulan
data, peneliti menggunakan prosedur, yaitu wawancara, observasi dan
dokumentasi, kemudian peneliti menganalisis data dengan mereduksi data yang
berarti merangkum, mengelompokkan dan memilih hal-hal penting, kemudian
menyajikan data, untuk menyederhanakan data dan memudahkan peneliti untuk
lebih memahami apa yang terjadi, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi
data dengan tujuan untuk validitas data yang telah terkumpul di lapangan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: pertama, terdapat beberapa
tahapan dalam penggunaan video animasi, yaitu guru mempersiapkan beberapa
media yang akan digunakan, kedua, guru menyampaikan materi dengan
menggunakan media video animasi, kemudian guru memberikan contoh video lain
yang berkaitan bercerita tentang cerita fantasi, lalu menyuruh siswa menyampaikan
pendapat mereka dan terakhir guru mengevaluasi siswa, maka dari itu penggunaan
video animasi berhasil berjalan dengan baik. Manfaat dari penggunaan video
animasi dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi siswa lebih mudah mengelola
materi, siswa lebih paham dengan materi yang diajarkan guru dan bisa membantu
siswa lebih mengenal teknologi dan dapat menambah pengalaman. Gambaran
antusiasme siswa dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi dengan
menggunakan video animasi, siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam
belajar.
Tidak tersedia versi lain