Text
Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Menulis Teks Prosedur Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di MTsN 3 Pamekasan
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Teks Prosedur, Kelas VII MTsN 3 Pamekasan
Pembelajaran bahasa indonesia merupakan program untuk mengembangkan
pengetahuan, keterampilan berbahasa dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Salah satu
ruang lingkup mata pelajaran bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa
yaitu pembelajaran menulis merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran
bahasa Indonesia, meliputi penulisan teks prosedur. Pembelajaran penulisan teks prosedur yang
dilakukan di MTsN 3 Pamekasan menggunakan metode demonstrasi. Berdasarkan hal tersebut,
maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama
bagaimana perencanaan penerapan metode demonstrasi dalam menulis teks prosedur mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di MTs Negeri 3 Pamekasan, kedua bagaimana
pelaksanaan penerapan metode demonstrasi dalam menulis teks prosedur mata pelajaran bahasa
Indonesia kelas VII di MTs Negeri 3 Pamekasan, ketiga bagaimana kelebihan dan kekurangan
penerapan metode demonstrasi dalam menulis teks prosedur mata pelajaran bahasa Indonesia
kelas VII di MTs Negeri 3 Pamekasan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu siswa MTsN 3
pamekasan kelas VII. Prosedur pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian pada Skripsi ini terdapat tiga rincian dalam kegiatan penggunaan
metode demonstrasi pada pembelajaran teks prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan serta
kekurangan dan kelebihan. Pertama, perencanaan yaitu membuat program pembelajaran
seperti, Silabus, RPP dan materi. Kedua, pelaksanaan yang dilakukan guru dengan kegiatan
apersepsi sekaligus pengenalan materi dengan menyajikan informasi setahap demi setahap.
ketiga, Kelebihannya yaitu proses pembelajaran menjadi lebih menarik karena siswa tidak
hanya mendengarkan, tetapi juga melihat peristiwa yang terjadi, siswa juga memiki kesempatan
untuk membandingkan antara teori dan kenyataan karena melihat praktek secara langsung.
Kekurangan dalam penggunaan metode ini yaitu pembelajaran membutuhkan waktu yang
cukup lama, kurangnya buku penunjang yang dapat dijadikan pemahaman dalam kegiatan
belajar serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diperlukan untuk memecahkan
masalah
Tidak tersedia versi lain