Text
Pemanfaatan Media Croosword Puzzle pada Pembelajaran Teks Resensi Kelas XI MA. Ummul Quro Putri, Plakpak
Kata kunci: Pembelajaran, Media, Media Croosword Puzzle
Dalam pembelajaran di sekolah MA. Ummul Quro Putri khususnya kelas XI
sangat perlu menggunakan media dalam pembelajarannya guna untuk
menumbuhkan samangat belajar siswa yang selama ini terlihat masih bermalasmalasan dalam mengikuti pembelajaran, hal ini disebabkan karena guru dalam
menyampaikan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan jarang
menggunakan media sebagai alat bantu pembelajarannya. Padahal, banyak sekali
media yang dapat digunakan guru. Guru dapat memanfaatkan media yang biasa
dibuat sendiri, contohnya media croosword puzzle. Media croosword merupakan
media yang dapat dibuat mandiri oleh guru.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang akan menjadi
fakus masalah pada penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pemanfaatan
penggunaan media croosword puzzle pada pembelajaran teks resensi kelas XI
MA. Ummul Quro Putri. Kedua, bagaimana pemanfaatan pemanfaatan media
croosword puzzle pada pembelajaran teks resensi kelas XI MA. Ummul Quro Putri. Ketiga, bagaimana hasil pemanfaatan media croosword puzzle pada pembelajaran teks resensi kelas XI MA. Ummul Quro Putri. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti berupaya
menggambarkan secara detail dan mendalam mengenai penggunaan media
croosword puzzle dalam pembelajaran teks resensi kelas XI MA. Ummul Quro
Putri Plakpak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pemanfaatan
penggunaan media crooswrod puzzle pada pembelajaran teks resensi kelas XI
MA. Ummul Quro Putri, sebelum pembelajaran berlangsung guru terlebih dahulu
guru merancang RPP, menyiapkan materi teks resensi, dan mendesain media
crooswrod puzzle sebagai alat bantu menjelaskan materi dan sebagai tugas siswa.
Kedua, pelaksanaa pemanfaatan media crooswrod puzzle pada pembelajaran teks
resensi kelas XI MA. Ummul Quro Putri, pada tahap pelaksanaan guru
menyampaikan materi resensi dengan menggunakan media crooswrod puzzle
dengan melibatkan siswa dalam mengisi TTS didepan kelas, selanjutnya guru
membagikan tugas resensi pada setiap kelompok menggunakan media crooswrod
puzzle. Ketiga, hasil pemanfaatan pemanfaatan media crooswrod puzzle pada
pembelajaran teks resensi kelas XI MA. Ummul Quro Putri, hasil belajar siswa ini
dibagi menjadi dua, hasil berdasarkan proses ketika belajar dan hasil belajar teks
resensi. Pada hasil berdasarkan proses pembelajaran siswa menjadi aktif,
semangat dalam mengikuti pembelajaran, Sedangkan hasil belajar teks resensi
siswa dapat menentukan unsur-unsur resensi dan kebahasaan teks resensi
Tidak tersedia versi lain