Text
Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pademawu
Kata Kunci: Penerapan, Metode Project Based Learning, Pembelajaran Bahasa
Indonesia
Metode pembelajaran merupakan suatu proses yang sistematis dan teratur
yang dilakukan oleh pendidik dalam menyampaikan materi pebelajaran kepada
muridya. Metode Project Based Learning merupakan salah satu cara mendidik
yang berupaya untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi, dan metode
Project Based Learning ini melatih siswa agar giat dan lebih aktif dalam
mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
Project Based Learning merupakan siswa mengerjakan sebuah projek serta
siswa menghasilkan sebuah produk dan hasil dari projek itu adalah produk. Ada
tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: (1)
Mendeskripsikan penerapan metode Project Based Learning dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan.
(2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3
Pademawu Pamekasan. (3) Mendeskripsikan solusi guru dalam mengatasi faktor
penghambat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP
Negeri 3 Pademawu Pamekasan.
Peneitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini didapatkan dari
urusan kurikulum, guru Bahasa Indonesia, dan siswa kelas VIII-B. Data yang
diperoleh dalam transkip wawancara dan catatan pengamatan dilapangan, yaitu
dari urusan kurikulum, guru Bahasa Indonesia, dan siswa kelas VIII-B di SMPN 3
Pademawu. analisis data dalam penelitian ini berbentuk uraian deskriptif yaitu
data-data yang terhimpun dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan metode Project
Based Learning di SMPN 3 Pademawu dilaksanakan di dalam kelas dengan
waktu pembelajaran 45 menit. Langkah-langkah penerapan metode pembelajaran
project based learning yaitu: 1) guru mempersiapkan pertanyaan dasar untuk
penerapan proyek, dan guru menjelaskan materi yang akan diproyekkan 2), guru
membuat desain proyek yang akan dilaksanakan. 3), guru membuat penjadwalan
kerja kelompok. 4), guru memonitor siswa agar siswa bisa dikendalikan dari
kesalahan-kesalahan yang terjadi, dan 5), guru menilai dan mengevaluasi
pembelajaran. Kedua, Faktor pendukung penerapan metode pembelajaran project
based learning di SMPN 3 Pademawu yaitu: 1) ketersediaan sarana dan prasarana,
dan 2) motivasi dari diri siswa. Faktor penghambat penerapan metode project
based learning yaitu kurangnya waktu pembelajaran dan perbedaan kemampuan
berfikir. Ketiga, solusi yang diberikan guru pembelajaran Bahasa Indonesia di
SMPN 3 Pademawu yaitu membiasakan penerapan metode project based learning
agar bisa dengan mudah mengatur ketersediaan waktu yang ada. Selain itu dalam
mengatasi kendala juga dengan cara guru terus melatih kepekaan siswa
Tidak tersedia versi lain