Text
Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Nurul Abror Tanjung, Pegantenan, Pamekasan
Kata Kunci: Hasil Belajar, Video Pembelajaran
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan penerapan media video
pembelajaran pada mata pelajaran IPS 2) untuk membuktikan penggunaan media
video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
melalui 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII yang berjumlah 14 orang di SMP Nurul Abror Tanjung, Pegantenan,
Pamekasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes,
sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 1) Reduksi Data 2)
Penyajian Data 3) Uji Validitas 4) Uji Reliabilitas 5) Penarikan Kesimpulan.
Penerapan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VIII
terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan pelaksanaan dan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari
hasil tes kognitif yang selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil
analisis ketuntasan belajar pada siklus 1 adalah 11 dari 14 siswa dengan presentase
78,57% dinyatakan tuntas dengan dengan nilai rata-rata 82,05. Pada siklus 2 yaitu
12 dari 14 siswa mencapai ketuntasan belajar dengan presentase 85,71% dan
dengan nilai rata-rata sebesar 85,09. Pada siklus 3, 14 dari 14 siswa mencapai
ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata mencapai 92,04 dan dengan presentase
ketuntasan 100%, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada setiap
tahapnya terjadi peningkatan. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media pembelajaran bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas VIII di SMP Nurul Abror Tanjung, Pegantenan, Pamekasan
Tidak tersedia versi lain