Text
Peran Guru IPS dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Siswa di SMPN 5 Pamekasan
Kata Kunci: Peran Guru IPS, Toleransi Beragama
Nilai-nilai toleransi merupakan suatu hal yang sangat penting
ditanamkan terhadap setiap siswa, yang mana sesuai dengan pendidikan
yang tidak hanya mementingkan aspek kognitif saja akan tetapi juga aspek
afektif. Toleransi ialah sikap menghargai, membiarkan, membolehkan
pendapat, pandangan, keyakinan, kebiasaan, dan perilaku yang berbeda
dengan diri kita. Penanaman nilai-nilai toleransi juga dapat dilakukan
disekolah dengan proses pembelajaran yang salah satunya melalui mata
pelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peran guru IPS
dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 5
Pamekasan. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja pendorong dan
penghambat guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama
siswa di SMP Negeri 5 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan
interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Adapun langkahlangkah penelitian atau analisa data yang dilakukan oleh peneliti meliputi
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi
data.
Hasil dari penelitian ini ialah: (1) peran yang dilakukan guru IPS
ialah dengan merancang program pembelajaran IPS, yaitu menyusun RPP
dengan materi “Interaksi Sosial” serta mengintegrasikan materi pelajaran
IPS dengan toleransi beragama, melakukan pembiasaan terhadap toleransi
beragama dalam kehidupan sehari-hari, dan dengan memberikan teladan
yang baik dalam sikap toleransi beragama; (2) Faktor pendorong ialah
kebijakan dari sekolah, dan adanya visi misi sekolah yang menjadi
motivasi bagi siswa. Faktor penghambat yaitu, mementingkan diri sendiri
dan memilih dalam berteman
Tidak tersedia versi lain