Text
Penerapan Media Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs. Miftahul Fakhirin Kembang Kuning, Larangan, Pamekasan
Kata Kunci: Media Mind Mapping, Hasil Belajar
Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu kegiatan
pembelajaran IPS kelas VIII di MTs. Miftahul Fakhirin masih konvensional
sehingga keterlibatan siswa saat kegiatan belajar mengajar sangat minim. Guru
hanya menggunakan metode ceramah yang membuat siswa kurang tertarik untuk
belajar dikarenakan guru hanya menjelaskan materi tanpa menggali lebih dalam
pengetahuan siswa. Penggunaan media pembelajaran juga terbatas sehingga siswa
kesulitan untuk memahami materi yang diberikan oleh guru. Hal tersebut
berpengaruh pada hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan hasil prasiklus yang
diperoleh dari guru mata pelajaran IPS, terdapat siswa yang nilai IPS nya masih di
bawah KKM atau di bawah 75. Yakni hanya 27% atau 4 siswa yang nilainya > 75,
dan 73% atau 11 siswa yang nilainya
Tidak tersedia versi lain