Text
Implementasi Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VII SMP Ma’arif NU 1 Sampang
Kata Kunci : Metode, Card Sort, IPS.
Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, guru menggunakan metode pembelajaran
guna mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Agar peserta didik dapat dengan
mudah memahami materi pelajaran dengan optimal, keberadaan metode pembelajaran dalam
pelaksanaan proses pembelajaran sangatlah penting, realitasnya pada saat ini kebanyakan
guru masih banyak yang menggunakan metode yang cendrung monoton, tidak efisien dan
juga tidak efektif sehingga dampaknya berpengaruh pada capaian belajar anak didik yang
minim. Oleh karena itu guru harus senantiasa melakukan inovasi metode pembelajaran guna
meningkatkan antusias belajar siswa salah satunya dengan menggunakan metode round club
pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana implementasi metode card sort
pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII SMP Ma’arif NU 1 Sampang; kedua,
Apa saja faktor pendorong dan penghambat implementasi metode card sort pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII SMP Ma’arif NU 1 Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun
sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Informannya
adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti
Kepala Sekolah serta Guru IPS di SMP Ma’arif NU 1 Sampang. Sedangkan untuk
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan
ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1)Metode card sort sering digunakan oleh
guru IPS yang ada di SMP Ma’arif NU 1 Sampang, penerapan metode card sort menjadikan
siswa semakin kreatif dan aktif mengikuti KBM, adapun penerapannya dilakukan secara
berkelompok. (2) Faktor pendorong dari implementasi metode card sort pada mata pelajaran
IPS diantaranya yakni metode card sort ini mudah untuk diterapkan, dapat lebih
meningkatkan antusias belajar siswa, solidaritas antar teman meningkat serta relevan dengan
tuntutan kurikulum 2013. Adapun faktor penghambat metode card sort diantaranya yakni
kemungkinanan besar kelas bisa mengalami kegaduhan jika kelas tidak dikontrol dengan
baik, kemudian membutuhkan banyak persiapan dalam pengimplementasian metode ini,
keberagaman kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam suatu lembaga pendidikan
menjadikan kendala penerapan metode ini ada yang dirasa tidak sesuai dengan kemampuan
beberapa anak didik
Tidak tersedia versi lain