Text
Kerjasama Guru dan Orang Tua Dalam Mengontrol Kenakalan Siswa di MTs Sunan Giri Lobuk Bluto Sumenep
Kata Kunci: Kerjasama Guru dan Orang Tua Siswa, Kenakalan Siswa
Pada era sekarang kenakalan semakin meningkat dari tahun 2016 sampai
2020 mengalami kenaikan tiap tahun sebesar 10%. Masa remaja merupakan masa
peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa yang penuh kegoncangan
jiwa. Maka, diperlukan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua sehingga
siswa tetap berada dalam kontrol-kontrol. Dengan demikian siswa tidak
mempunyai peluang melakukan hal-hal yang mengarah pada tindakan yang
melanggartatanan kemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk
mendeskripsikan bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam mengontrol
kenakalan siswa di MTs Sunan Giri Lobuk Bluto; kedua, untuk mendeskripsikan
faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengatasi kenakalan siswa di MTs
Sunan Giri Lobuk Bluto.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, obsevasi dan
dokumentasi, dengan informan kepala sekolah, guru IPS guru BK, dan orang tua
siswa. Adapun pengecekan data menggunakan perpanjangan keikutsertaa,
ketekunan pengamatan dan triangulasi. Untuk analisis data, peneliti menggunakan
tiga teknik, yaitu: data reduction , data display, conclusion drawing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, bentuk kerjasama guru dan
orang tua dalam mengontrol kenakalan siswa, bentuk kerjasama guru yaitu: berupa
mengirimkan surat kepada orang tua, untuk saling berkomunikasi dan mencari jalan
keluar, menghubungi orang tua untuk membimbingnya, serta melibatkan siswa
yang bersangkutan melakukan kegiatan keagamaan di rumah, dan guru melakukan
kunjungan kerumah orang tua siswa. Bentuk kerjasama orang tua yaitu: menghadiri
undangan kegiatan sekolah, merespon arahan guru melalui panggilan Handphone
untuk membimbing siswa di rumah dan menerima arahan masukan dari guru secara
langsung di sekolah Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat guru guru
dan orang tua dalam mengat asi kenakalan siswa yaitu, fakor pendukung guru dan
orang tua yaitu, dengan mampu mengawasinya dengan baik melalui hp atau orang
tua siswa membalas surat panggilan dari sekolah dengan baik, supaya terjadi
komunikasi dan pendekatan yang baik antara guru dan orang tua siswa. Faktor
penghambat guru dan orang tua yaitu, guru tidak mampu mengawasi setiap saat,
peran orang tua lebih mempengaruhi dalam mengatasi kenakalan siswa namun ada
saja orang tua yang enggan berkomunikasi dengan pihak sekolah mengenai siswa
yang bermasalah
Tidak tersedia versi lain