Text
Strategi Bimbingan Belajar Guru IPS dalam Mencapai Prestasi Kejuaraan Peserta Didik Di SMPN 1 Larangan
Kata kunci: Strategi, Bimbingan belajar, IPS, Prestasi Kejuaraan.
Strategi bimbingan belajar merupakan strategi yang tepat untuk diberikan
kepada para peserta didik di SMPN 1 Larangan. Dengan segala problematika
pembelajaran yang ada, stategi bimbingan belajarlah yang bisa menjadi solusi
bagi para peserta didik di SMPN 1 Larangan. Apalagi bagi peserta didik yang
kurang memahami penjelasan guru di dalam kelas, baik terkendala waktu yang
terbatas atau karena terganggu dengan hal lainnya. Jadi dengan guru mengadakan
bimbingan belajar dan mengemasnya secara menarik dan tidak membosankan
apalagi ditambah dengan pemberian istilah-istilah atau penyingkatan dalam
beberapa materi hal ini sangat membantu para peserta didik dalam mengingat dan
menghafalkan materi. Sehingga dapat mencapai prestasi kejuaraan dalam lombalomba IPS.
Berdasarkan hal tersebut maka terdapat dua fokus penelitian yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini: yaitu bagaimana penerapan atau pelaksanaan
strategi bimbingan belajar guru IPS dalam mencapai prestasi kejuaraan di SMPN
1 Larangan dan Bagaimana hasil penerapan strategi bimbingan belajar guru IPS
dalma mencapai prestasi kejuaraan peserta didik di SMPN 1 Larangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun
sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah Guru IPS di SMNP 1 Larangan. Sedangkan untuk
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui keikutsertaan, ketekunan
pengamatan dan triangulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan bagaimana penerapan atau pelaksanaan strategi bimbingan
belajar guru IPS dalam mencapai presasi kejuaraan di SMPN 1 Larangan.
Hasil penelitian dari dari penerapan strategi bimbingan belajar guru IPS
dalam mencapai prestasi kejuaraan peserta didik menerpakan penyampaian
materinya dengan menggunakan cara di singkat atau dibuatkan istilah-istilah
dimana istilah-istilah tersebut dinilai lebih mudah untuk di ingat dan dihapalkan
oleh peserta didik bimbingan belajar dari pada harus mengingat bahasa induk
yang dari buku, bukan hanya menyingkat materi saja, menggunakan peragaan dan
guru IPS di SMPN 1 Larangan juga dalam bimbingan belajarnya membuat
suasana yang menyenangkan sehingga peserta didik tidak merasakan bosan dan
ngantuk selama proses bimbingan belajar berlangsung. Dapat diketahui pula
bahwa strategi bimbingan belajar ini sangat berhasil diterapkan kepada peserta
didik terutama pencapaian keberhasilan dalam kejuaraan lomba-lomba olimpiade
IPS
Tidak tersedia versi lain