Text
Analisis Penggunaan Pendekatan Student Centered dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran IPS di Kelas IX MTs. Tarbiyatun Nasyiin 1 Pamekasan
Kata Kunci: pendekatan Student Centered, kurikulum 2013, pembelajaran IPS
Perubahan kurikulum menjadi bukti bahwa pendidikan yang ada di
Indonesia terus berkembang menyesuaikan kebutuhan zaman. Penelitian ini,
bertujuan untuk: 1). mendeskripsikan penggunaan Student Centered dalam
kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS. 2). mengidentifikasi faktor guru
menggunakan Student Centered dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS.
3). Mendeskripsikan manfaat dari penggunaan pendekatan Student Centered
dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
desriptif. Sumber data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara,
dan dokumentasi. adapun fokus penelitian pada saat observasi antara lain:
penggunaan pendekatan student centered dalam kurikulum 2013, tahapan-tahapan
dalam pembelajaran dengan menggunakan model-model yang ada di dalam
kurikulum 2013. Adapun data-data diperoleh dari berbagai sumber data, seperti
wawancara dengan informan, yaitu kepada guru dan siswa. pengecekan keabsahan
data, menggunakan perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di MTs. Tarbiyatun Nasyiin 1
Pamekasan menggunakan pendekatan student centered dalam kurikulum 2013
pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran yaitu model
cooperative learning, penggunaan metode diskusi secara tidak langsung
mengajarkan kerjasama, dan menciptakan interaksi antar siswa atau antar guru,
sehingga siswa terlibat aktif didalam diskusi. Metode quiz, secara tidak langsung
mengajarkan bertanggun jawab, melatih siswa untuk mengemukakan
pendapatnya. Selain itu, ada model pembelajaran project based learnin, guru
memberikan penugasan dan mencoba mencari gambar, menempel sehingga
berbentuk sebuah project yaitu kliping. Terdapat beberapa faktor guru
menggunakan pendekatan student centered dalam kurikulum 2013 yaitu:
menjadikan siswa lebih aktif dalam berbicara baik menanya, mengamati, dan
menalar, membantu guru dalam mengatasi kesulitan-kesulitan dalam
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran. Juga terdapat manfaat
dari penggunaan pendekatan student centered dalam kurikulum 2013 yaitu:
Dampak positif student centered yaitu siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran, baik bertanya, mengamati dan bekerjasama dalam diskusi
kelompok. Dampak negatif dari student centered yaitu kurangnya w
Tidak tersedia versi lain