Text
Penggunaan Game Interaktif Ice Breaking Dalam Everyone is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-E di SMPN 5 Pamekasan
Kata Kunci: Game Interaktif Ice Breaking, Everyone is a Teacher Here, Mata
Pelajaran IPS.
Peran guru dalam dunia pendidikan disini merupakan tercapainya akan
tujuan pembelajaran di dalam kelas, Artinya guru disini berperan tidak hanya
mengajar melainkan menjadi fasilitator, mendidik, melatih, dan mampu
menguasai berbagai aspek bidang dalam pendidikan yang baik dan professional.
Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar peserta didiknya rendah dikarenakan
mata pelajaran IPS ini sulit untuk dipahami dan mengerti dalam segi penyampaian
materinya disini juga terlalu kaku sehingga peserta didik sulit dalam memahami
dan mencerna akan materi yang dijelaskan. Sehingga timbullah rasa bosan dan
malas untuk bealajar. Dalam hal ini seringkali ditemukan saat pembelajaran
peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar. Sehingga guru dituntut
untuk mampu mencari solusi bagainana mengatasi kesulitan dalam belajar
mengajar. Dengan hal ini guru dapat menggunakan game, strategi atau metode
dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami penggunaan game ice
breaking hore-huuu dalam everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX-E di SMPN 5 Pamekasan. Model
yang digunakan yaitu Adi Soenarno dan Amral. Metode penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis pendekatan eksperimental. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas IX-E di SMPN 5 Pamekasan dengan jumlah 29
siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada setiap siklus dilaksanakan
2 kali pertemuan. Dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart
yang satu siklus terdiri 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan game interaktif ice
breaking dalam everyone is a teacher here ini sangat efektif dalam meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari sebelum
menggunkan game interaktif ice breaking dalam everyone is a teacher here, dan
setelah menggunakan game dan strategi pada siklus I mencapai tingkat
ketuntasan 52%, sedangkan pada siklus II mencapai tingkat ketuntasan 92%. Jadi
tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan
39%. Maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan belajar siswa
pada akhir siklus telah melebihi target yang ditentukan yaitu 88%. Sehingga pada
siklus ke II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja
Tidak tersedia versi lain