Text
Analisis Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Sejarah di MA Mambaul Ulum Kelas XII Desa Gulbung Kabupaten Sampang
Kata Kunci: Motivasi, Belajar, Ilmu Sejarah
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang di peroleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru sejarah MA MU kelas XII
dan siswa siswi MA MU kelas XII. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Untuk analisis data,
peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu; reduksi data, penyajian data (pengelompokan), dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, respon siswa terhadap mata pelajaran sejarah
sangat memprihatinkan, siswa tidak semangat dan merasa ngantuk. Siswa selalu merasa bahwa
mata pelajaran sejarah adalah mata pelajaran yang sangat membosankan. Kedua, faktor yang
menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah terdapat 3
faktor, yaitu; 1. Metode pembelajaran yang membosankan yaitu dengan terus menerus
meggunakan metode ceramah. 2. Materi sejarah yang terlalu banyak. Hal ini membuat siswa
sulit untuk belajar terutama saat ujian, karena semakin banyak materi semakin banyak hal yang
perlu di pahami dan di ingat. 3. Kurangnya sarana dan prasana. Dengan materi sejarah yang
banyak, kurang nya buku paket atau buku LKS untuk pegangan siswa secara otomatis
mengharuskan siswa sering menulis setiap minggunya dengan jumlah yang banyak pula.
Ketiga, upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah
terdapat 3 upaya, yaitu: 1. Study lapangan, hal ini membuat siswa lebih aktif. 2. Metode diskusi
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah. 3 Penggunaan
media proyektor untuk belajar. Dengan adanya proyektor, kita bukan hanya bisa menampilkan
materi, disana juga menampilkan gambar dan video.
Tidak tersedia versi lain