Text
Penanaman Sikap Toleransi Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Jigsaw Di Kelas VIII SMP Nurul Hikmah Blumbungan Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Sikap Toleransi, Metode Jigsaw, Mapel IPS
Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui penanaman sikap
toleransi pada mata pelajaran IPS melalui metode Jigsaw terhadap siswa Kelas VIII
SMP Nurul Hikmah Blumbungan Larangan Pamekasan; kedua, untuk mengetahui
kelebihan dan kelemahan dalam menanamkan sikap toleransi melalui metode
Jigsaw.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi, dengan informan kepala sekolah, guru IPS, dan siswa Kelas VIII.
Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, penggunaan bahan
referensi dan perpanjangan keikutsertaan. Untuk analisis data, peneliti
menggunakan tiga teknik, yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penanaman sikap toleransi
menggunakan metode Jigsaw sangat membantu, di mana dalam hal ini siswa bisa
belajar saling menghargai pendapat, tanggung jawab interaksi yang baik antar
sesama dan kerja sama tim, dengan begitu secara tidak langsung sikap toleransi
sudah mulai tertanam dengan sendirinya. Kedua, Kelebihan dari metode Jigsaw
yaitu: dapat menumbuhkan semangat dalam bekerja sama, semua siswa berperan
aktif tidak hanya berpatokan pada satu orang, menumbuhkan sikap saling
menghargai pendapat antar sesama, melatih kemampuan berinteraksi dengan
sesama, dan belajar untuk pecaya diri dalam meng speak up pendapatnya. Adapun
kelemahan dari metode Jigsaw sebagai berikut: sulit bagi siswa yang cenderung
kurang percaya diri, kerancuan dalam memahami materi, karena banyaknya
pendapat, butuh persiapan yang matang, dijadikan ajang untuk bercerita diluar
materi, sehingga kelas tidak kondusif
Tidak tersedia versi lain