Text
“Penerapan Media Gambar Siklus dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII di Mts Al-Abror Berruh Pamekasan
Kata kunci : Media gambar, Gambar siklus, Ilmu pengetahuan sosial
Dalam kegiatan pembelajaran seorang guru harus mampu memberikan
pembelajaran yang menarik, untuk itu diperlukan strategi yang mengaktifkan siswa
dalam pembelajaran, sehingga guru perlu menerapkan media pembelajaran yang
bisa digunakan guru untuk membantu dalam proses pembelajaran yang dapat
menarik perhatian siswa, salah satunya yaitu penggunaan media visual berupa
gambar siklus.
Ada tiga masalah penelitian dalam penelitian ini sebagaimana berikut, 1)
Bagaimana penerapan media gambar siklus dalam pembelajaran IPS kelas VII di
MTs Al-Abror Blumbungan Larangan Pamekasan. 2) Apa saja kendala penerapan
media gambar siklus dalam pembelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Abror
Blumbungan Larangan Pamekasan. 3) Bagaimana solusi terhadap kendala
penerapan media gambar siklus dalam pembelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Abror
Blumbungan Larangan Pamekasan.
Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas di kelas tiga MTS blumbungan Al-Abror. Sementara
itu, data dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk
menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi.
Selain itu, untuk memeriksa keabsahan data, peneliti menggunakan tiga triangulasi
yang triangulasi teknik, sumber, waktu dan memeriksa anggota.
Hasil penelitian menunjukan penerapan media gambar siklus sangat efektif
diterapkan dalam pembelajaran IPS di MTs Al-Abror Berruh Pamekasan, hal ini
disebabkan siswa lebih atraktif dan lebih imajinatif dalam mengikuti proses belajar
mengajar selain itu penerapan media gambar membuat siswa lebih mudah paham
terhadap pembelajaran dan materi yang diberikan oleh guru. Kendala dalam
penerapan media gambar siklus ini adalah, pertama tidak semua materi dapat
menggunakan media gambar siklus, kedua keterbatasan waktu dalam pembuatan
media gambar siklus, ketiga tidak adanya bimtek (bimbingan tekhnologi)
dikarenakan MGMP tidak berjalan sebagaimana mestinya. Adapun solusi dari
kendala-kendala tersebut yakni pertama menggunakan media lain di materi yang
lainnya, kedua semua elemen sekolah harus bekerja sama seperti memimta bantuan
operator sekolah dalam pembuatan media dan yang ketiga guru diharuskan kreatif
dalam meggunakan media dan metode pembelaran
Saran bagi peneliti selanjutnya dalam bidang kependidikan atau calon guru
agar dapat meneliti lebih lanjut tentang macam-macam media pembelajaran agar
menjadi inovasi bagi generasi selanjutnya
Tidak tersedia versi lain