Text
Analisis Kompetensi Profesionalisme Guru IPS di MTsN 3 Pamekasan
Kata Kunci : Kompetensi, Profesioanalisme, Guru IPS.
Keberadaan guru profesioanal dalam suatu lembaga pendidikan sanngatlah penting guna
menunjang kesuksesan kegiatan pembelajaran, yang mana keprofesioanalan guru dibuktikan
dengan 4 kompetensi yang harus ada dalam diri seorang pendidik mencangkup aspek kognitif,
afektif, keperibadian dan sosial. Mengingat tidak semua pendidik yang ada di Indonesia memiliki
kemampuan tersebut dan banyak dari mereka yang tidak mau mengembangkan kemampuan yang
mereka miliki. Berdasarkan permasalahan di atas terdapat dua rumusan masalah dalam skripsi ini
diantaranya yaitu : pertama, Bagaimana kompetensi profesional guru IPS di MTs Negeri 3
Pamekasan; kedua, Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pada kompetensi
profesionalisme guru IPS di MTs Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi.
Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti,
seperti Kepala Sekolah serta Guru IPS di MTs 3 Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan
triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Kompetensi profesional guru IPS di MTs
Negeri 3 Pamekasan sudah baik, hal ini dibuktikan dengan cara mereka mengajar di dalam kelas
serta kedisplinan para guru yang ada di MTsN 3 Pamekasan sudah terklasifikasikan ke dalam
ciri-ciri seorang guru profesional baik dari kualifikasi maupun kompetensi yang mereka miliki
tersebut. mencangkup pemilihan metode dan media pembelajaran dalam kegiatan KBM,
Kedisiplinan guru dalam belajar juga menjadi bukti otentik profesionalisme guru IPS yang ada di
MTsN 3 Pamekasan. (2) Faktor pendukung pengemabangan kompetensi profesioanal guru IPS
diantaranya adanya motivasi dan kesadaran diri yang tinggi dari guru IPS, hal ini dibuktikan
dengan antusias tinggi para guru IPS yang ada di lembaga tersebut untuk mengembangkan
kemampuannya melalui ikut serta dalam banyak pelatihan serta worksop ataupun seminar baik
yang diadakan di dalam maupun di luar lembaga itu sendiri, sarana dan prasarana yang cukup
memadai serta hubungan baik dengan masyarakat sekitar juga menjadi faktor pendukung
peningkatan kemampuan guru. Adapun faktor penghambat pengembangan keprofesionalan guru
IPS di MTsN 3 Pamekasan antara lain motivasi dan kesadaran diri pendidik yang masih rendah,
serta kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia seperti keberadaaan buku-buku penunjang
keprofesionalan itu masih belum tersedia di MTsN 3 Pamekasan
Tidak tersedia versi lain