Text
Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan PT. Ultrajaya Milk Industry & Tranding Company Tbk
Kata Kunci : Pertumbuhan Penjualan, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan
Profitabilitas
PT. Ultrajaya Milk Industry & Tranding Company Tbk merupakan perusahaan
yang memproduksi minuman dan menjadi pelopor bidang industri minuman dalam
kemasan. Perusahaan yang mempunyai profitabilitas yang baik memiliki reputasi
yang baik dan mempengaruhi harga saham yang tinggi. Untuk mendapatkan laba
yang maksimal, perusahaan harus mampu bersaing dengan perusahaan lain dan
harus meningkatkan kinerja perusahan agar dapat memaksimalkan laba yang
diterima. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis seberapa besar
pengaruh pertumbuhan penjualan, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap
profitabilitas pada perusahaan PT. Ultrajaaya Milk Indutry & Tranding Company
Tbk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis data
menggunakan regresi linear berganda, dan dengan bantuan alat analisis SPSS 24.
Jenis data dalam penelitian ini adalah data time series. Populasi dalam penelitian
ini adalah PT. Ultrajaya Milk Industry & Tranding Company Tbk.Periode 2013 –
2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh
yaitu laporan keuangan triwulan PT. Ultrajaya Milk Industry & Tranding Company
Tbk. Periode 2013 – 2021 sebanyak 36. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data sekunder laporan
keuangan triwulan PT. Ultrajaya Milk Industry & Tranding Company Tbk. Periode
2013 – 2021. Analisis data menggunakan statistik deskriptif , uji asumsi klasik dan
uji hipotesis.
Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, ada pengaruh
secara simultan antara variabel pertumbuhan penjualan, leverage, dan ukuran
perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan PT. Ultrajaya Milk Industry &
Tranding Company Tbk, hal ini ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel atau Sig. < 0.05
yaitu 4,851 > 2,911 atau 0,007 < 0.05. kedua, secara persial pertumbuhan penjualan
tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas hal ini ditunjukkan dengan nilai
thitung dan ttabel sebesar 0,061 < 2,040 dan nilai Sig. Sebesar 0,952 < 0.05. ketiga,
leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai thitung dan
ttabel sebesar 0,204 < 2,040 dan nilai Sig. Sebesar 0,839 > 0.05. keempat ukuran
perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai thitung dan
ttabel sebesar 3,628 > 2,040 dan nilai Sig. Sebesar 0,001 < 0.05
Tidak tersedia versi lain