Text
Pengaruh Ukuran Perusahaan Pertumbuhan Penjualan Leverage Terhadap Profitabilitas pada PT Elang Mahkota Teknologi
Kata Kunci: Ukuran Perusahan, Pertumbuhan Penjualan, Leverage (ROA),
Profitabilitas (ROA)
Suatu perusahaan memiliki tujuan untuk memaksimumkan kekayaan yang
dapat dilihat pada nilai profitabilitasnya yang merupakan kemampuan untuk
mencari keuntungan. Rasio profitabilitas dapat diukur menggunakan return on
total asset untuk melihat seberapa keuntugan yang diperoleh perusahaan. Dalam
mencari keuntungan ada beberapa faktor yang mempengaruhi profitabilitas yaitu
penilaian ukuran perusahaan karena semakin besar ukuran perusahaan maka
perusahaan semakin besar mengambil keuntungan, pertumbuhan penjualan karena
semakin stabil penjualan maka keuntungan yang didapat juga semakin banyak,
leverage untuk melihat kemampuan perusahaan membiayai dengan hutang, jika
hutang terbayarkan maka perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan.
Penilaian menggunakan Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjulan dan Leverage
Terhadap Profitabilitas bertujuan untuk menentukan apakah Perusahan Elang
Mahkota Teknologi memiliki pengaruh pada variabel tersebut yang akan
menunjukan tingkat kesehatan perusahan yang sehat, cukup sehat, kurang sehat
atau tidak sehat. Penilain ini dilakukan setiap periode. Penulis melakukan
penelitian pada PT Elang Mahkota Teknologi yang terdaftar di BEI yang meliputi
pengukuran Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Leverage.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah PT Elang Mahkota Teknologi yang terdaftar di BEI. Objek
penelitian ini adalah Laporan Keuangan Triwulan pada PT Elang Mahkota
Teknologi.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa selama periode 2012-2021. (1)
Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Leverage dengan nilai thitung > ttabel
atau sig. < 0,05 yaitu 4,932 > 2,866 atau 0,006 < 0,05 yang berarti beperngaruh
Terhadap Profitabilitas (2) Ukuran Perusahaan dengan nilai thitung > ttabel atau sig. <
0,05 yaitu -3,637 > 2,026 atau 0,001 < 0,05 yang berarti berperngaruh negatif dan
signifikan Terhadap Profitabilitas (3) Pertumbuhan Penjualan dengan nilai thitung <
ttabel atau sig. > 0,05 yaitu -1,702 < 2,026 atau 0,097 > 0,05 yang berarti tidak
berperngaruh Terhadap Profitabilitas (4) Leverage dengan nilai thitung > ttabel atau
sig. < 0,05 yaitu -2,540 > 2,020 atau 0,016 < 0,05 yang berarti berperngaruh
negatif dan signifikan Terhadap Profitabilitas
Tidak tersedia versi lain