Text
Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022
Kata kunci: Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan,
Nilai Perusahaan
Penelitian ini bertujuan untuk meguji dan menganalisis bagaimana
pengaruh antara struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan
terhadap nilai perusahaan secara simultan juga untuk menguji dan menganalisis
bagaimana pengaruh antara struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan ukuran
perusahaan terhadap nilai perusahaan secara parsial. Populasi yang digunakan pada
penelitian ini yaitu perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia sebanyak 118 perusahaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal dengan sumber
data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan yang
bersumber dari www.idx.co.id dengan menggunakan laporan tahunan. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling, dan terdapat 71
perusahaan yang memenuhi criteria sebagai sampel dan terdapat 284 laporan
keuangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik,
uji analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan bantuan program
SPSS 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, variabel struktur modal
diperoleh nilai signifikansinya 0,044 < 0,05 dan nilai Thitung 2,057 > Ttabel 1,968
maka struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan
pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode
2019-2022. Kedua, variabel pertumbuhan perusahaan diperoleh nilai
signifikansinya 0,019 < 0,05 dan nilai Thitung 2,409 > Ttabel 1,968 maka
pertumbuhan perusahaan berpengaruh posirtif dan signifikan terhadap nilai
perusahaan pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia periode 2019-2022. Ketiga, variabel ukuran perusahaan diperoleh nilai
(Thitung) sebesar -5,566 > 1,968 (Ttabel) dan nilai signifikansi adalah 0,0001 <
0,05 maka ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai
perusahaan pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia periode 2019-2022. Pada uji F signifikansi sebesar 0,0001 yang berarti
nilai sig (0,0001) < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar (12,087) > Ftabel (2,636) yang
berarti bahwa struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan nilai perusahaan secara
simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada
perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI periode 2019-2022.
Tidak tersedia versi lain