Text
Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KP2KP Sampang
Kata Kunci: Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas
Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak
Kepatuhan wajib pajak merupakan sikap dimana wajib pajak dapat
melaksanakan kewajiban perpajakannya sesuai dengan ketentuan dan peraturan
yang berlaku dalam suatu negara. Wajib pajak yang patuh adalah wajib pajak
yang sadar dan paham akan hak dan kewajibannya karena sistem pemungutan
pajak yang digunakan saat ini adalah self assessment system dimana wajib pajak
dituntut untuk ikut berperan aktif dalam melakukan kegiatan perpajakannya dan
tentunya hal tersebut membutuhkan kepatuhan wajib pajak yang tinggi dengan
tujuan agar dapat meningkatkan penerimaan pajak atau kepatuhan.
Dalam penelitian ini terdapat beberapa tujuan yaitu untuk menguji dan
menganalisis apakah ada pengaruh pemahaman wajib pajak, kesadaran wajib
pajak dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada
KP2KP Sampang, apakah ada pengaruh pemahaman wajib pajak terhadap
kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KP2KP Sampang, apakah ada pengaruh
kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KP2KP
Sampang dan terakhir apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KP2KP Sampang.
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
pendekatan asosiatif. Sampel yang digunakan adalah 100 wajib pajak yang telah
terdaftar di KP2KP Sampang dengan metode pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji
asumsi klasik, uji kualitas data dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman wajib pajak tidak
berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada
KP2KP Sampang, hal ini dibuktikan dengan thitung (1,745) < ttabel (1,984) dengan
nilai signifikansi 0,084 > 0,05. Selanjutnya kesadaran wajib pajak tidak
berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada
KP2KP Sampang, hal ini dibuktikan dengan thitung (1,788) < ttabel (1,984) dengan
nilai signifikansi 0,77 > 0,05. Sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KP2KP Sampang,
hal ini dibuktikan dengan thitung ( 2,021) > ttabel (1,984) dengan nilai signifikansi
sebesar 0,046 < 0,05. Secara simultan pemahaman wajib pajak, kesadaran wajib
pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib
pajak orang pribadi pada KP2KP Sampang, hal ini dibuktikan dengan nilai
koefisien determinasi sebesar 0,115 atau 11,5%
Tidak tersedia versi lain