Text
Implementasi Service Excellent dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong
Kata Kunci: Service Excellent, Loyalitas Anggota.
Pelayanan prima menjadi prioritas utama didalam jasa lembaga keuangan,
hal ini dikarenakan bisnis lembaga keuangan masih mengandalkan kepercayaan dan
kepuasan dari setiap nasabahnya. Kepuasan nasabah/anggota yang dibentuk dengan
pelayanan prima yang diberikan akan membentuk loyalitas nasabah/anggota
terhadap lembaga keuangan itu sendiri, itu sebabnya saat ini lembaga keuangan
berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan terbaik untuk mempertahankan
loyalitas setiap nasabah/anggotanya.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua fokus penelitian yang akan di
kaji dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi Service
Excellent pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong, kedua, bagaimana
implementasi Service Excellent dalam meningkatkan loyalitas anggota pada KSPPS
BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong. Dengan tujuan penelitian yaitu: pertama,
untuk mengetahui implementasi Service Excellent pada KSPPS BMT NU Jawa
Timur Cabang Camplong, kedua, untuk mengetahui implementasi Service
Excellent dalam meningkatkan loyalitas anggota pada KSPPS BMT NU Jawa
Timur Cabang Camplong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Prosedur
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, KSPPS BMT NU
Jawa Timur Cabang Camplong sudah menerapkan prinsip-prinsip Service Excellent
namun belum secara maksimal karena masih ada konsep-konsep dasar Service
Excellent yang tidak terlaksana dengan maksimal, seperti konsep dasar Appearance
(penampilan), Attention (perhatian), dan Accountability (tanggung jawab). Kedua,
implementasi Service Excellent dalam meningkatkan loyalitas anggota sudah
diterapkan namun tidak maksimal, dari ketidakmaksimalan pelayanan tersebut
berdampak kepada turunnya loyalitas anggota. Hal ini dapat dilihat dari
karakteristik yang dimiliki oleh anggota yang loyal diantaranya melakukan
transaksi berulang secara teratur, bertransaksi antar lini produk dan jasa,
mereferensikan kepada orang lain, dan menunjukkan kekebalan terhadap tarikan
dari pesaing. Maka harus tetap konsisten dalam meningkatkan loyalitas anggota
melalui penerapan service excellent secara maksimal untuk keberlangsungan BMT
NU Cabang Camplong lebih berkembang lagi dengan loyalitas dari anggotanya
Tidak tersedia versi lain