Text
Pengaruh Brand Image Dan Kulitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Produk Gadai Emas Di PT Pegadaian Kantor Cabang Syariah Pamekasan Melalui Kepuasan Nasabah Sebgai Variabel Intervening
Kata Kunci : Brand Image, Kualitas Produk, Loyalitas Nasabah, Kepuasan
Nasabah
Perusahaan PT. Pegadaian Kantor Cabang Syariah Pamekasan, merupakan
salah satu perusahaan yang berkomitmen dalam meningkatkan selera konsumen
dalam memilih suatu barang atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan
kebutuhan. Keputusan pembelian didasarkan dari segi brand image dan kualitas
produk yang baik, sehingga diperoleh kesetiaan nasabah dan rasa kepuasan yang
tinggi. Sehingga berdampak nilai positif serta dapat meningkatkan loyalitas
nasabah.
Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: Pertama, Apakah Brand
Image Dan Kualitas Produk Berpengaruh Terhadap Kepuasan Nasabah Secara
Simultan Di PT Pegadaian Kantor Cabang Syariah Pamekasan? Kedua, Apakah
Brand Image Dan Kualitas Produk Berpengaruh Terhadap Loyalitas Nasabah
Secara Parsial Di PT Pegadaian Kantor Cabang Syariah Pamekasan? Ketiga,
Apakah Kepuasan Nasabah Berpengaruh Terhadap Loyalitas Nasabah Di PT
Pegadaian Kantor Cabang Syariah Pamekasan? Keempat, Apakah Brand Image
Dan Kualitas Produk Berpengaruh Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan
Nasabah Di PT Pegadaian Kantor Cabang Syariah Pamekasan?
Metode penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik
analisis jalur (path analysis). Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran
kuesioner sebanyak 100 responden teknik sampling insidental dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini bahwa Brand image dan kualitas produk berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan nasabah secara simultan dengan nilai fhitung
brand image terhadap kepuasan sebesar 5,886 dan signifikan yaitu 0,000. maka,
fhitung 5,886 > ftabel 3,09 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Brand image dan
kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terdahap loyalitas nasabah
secara parsial dengan nilai thitung sebesar 3,080 dengan signifikan 0,001, artinya
thitung 3,080 > ttabel 1,984 dan nilai signifikan 0,001 < 0,05, sedangkan kualitas
produk terdapat nilai thitung sebesar 2,809 dengan signifikan 0,022, artinya thitung
2,809 > tatbel 1,984 dan signifikan 0,022 < 0,05. Kepuasan nasabah terhadap
berpengaruh positif dan signifikan loyalitas nasabah dengan nilai thitung 6,956
dengan signifikan 0,000, artinya thitung 6,956 > ttabel 1,984. Dapat memediasi :
brand image terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah dengan nilai thitung
1,68837 > ttabel 1,66071 dengan nilai signifikan 5%, dan Kualitas produk terhadap
loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah diperoleh nilai sebesar thitung 1,66073
> ttabel 1,66071 dengan nilai signifikan 5%
Tidak tersedia versi lain