Text
Implikasi Pelayanan dan Kinerja Customer Service Terhadap Kepuasan Anggota Di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan
Kata Kunci : Pelayanan, Kinerja Customer Service, Kepuasan Anggota.
Lembaga keuangan memiliki peran penting bagi kehidupan suatu negara, Dengan
perananan tersebut, adanya lembaga keuangan diharapakan memberikan suatu kemanfaatan yang
lebih bagi masyarakat, supaya sistem lembaga keuangan berjalan dengan baik maka perlu
lembaga keuangan untuk menjalankanya salah atunya yaitu BMT (Baitul Maal wat Tamwil).
Terdapat faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota diantaranya yaitu pelayanan dan kinerja
customer service. Pelayanan yang dilakukan oleh KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis yaitu
dengan melakukan jasa antar jemput simpanan dan pembiayaan serta anggota yang ingin
melakukan penarikan uang tidak usah ke kantor cabang melainkan bisa melakukan penarikan
kepada petugas tabungan.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, penelitian kuantitatif
adalah penelitian yang banyak menuntut penggunaan angka, dengan menggunakan desain
penelitian kausal, untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Populasi dalam penelitian ini
adalah anggota di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan dengan jumlah total
anggota yaitu 6219 anggota. Untuk menentukan sampel menggunakan rumus slovin sehingga di
peroleh sampel yang berjumlah 100 anggota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Sedangkan teknik analisa
datayang di gunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil uji t diperoleh thitung 4,203 dengan taraf signifikan 0,000 dan nilai ttabel sebesar
1,984. Dari hasil tersebut menunjuukan bahwa thitung (4,203) > ttabel (1,984) dan nilai signifikan
(0,000) < (0,005). Hal ini variabel X1 (Pelayanan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan anggota di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan. Hasil uji t yang
menunjukkan nilai thitung sebesar 2,384 dengan taraf signifikan 0,019 dan nilai ttabel sebesar 1,984.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,019 < 0,05 dan nilai thitung (2,384) > ttabel
(1,984) Artinya, variabel X2 (Kinerja Customer Service) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan anggota di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan. Basil uji F
menunjukkan nilai Fhitung sebesar 30,674 dengan taraf signifikansi 0,000 dan nilai Ftabel sebesar
3,090 dan diperoleh dari dka pembilang = k dan dkb = n-k-1. Sehingga dka = 2 dan dkb = 100-2-
1 = 97. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabeldan taraf sig. (0,000) <
0,05.Artinya pelayanan dan kinerja customer service berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan anggota di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan
Tidak tersedia versi lain