Text
Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah Produk Pembiayaan Gadai Emas iB di BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Pusat Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Harga, Lokasi, Kepuasan Nasabah
Gadai emas merupakan jenis produk Bank Syariah yang berupa fasilitas
pembiayaan dengan cara memberikan pinjaman kepada nasabah dengan jaminan
emas (perhiasan) menggunakan akad Qardh. Pada awalnya masyarakat sekitar hanya
mengetahui tempat untuk menggadaikan emas miliknya di pegadaian saja, namun
saat ini juga bisa dilakukan di perbankan syariah, seperti di BPRS Sarana Prima
Mandiri Kantor Pusat Pamekasan. Produk gadai emas ini merupakan produk yang
paling unggul dan banyak diminati oleh masyarakat, karena dapat memberikan solusi
dalam memperoleh dana tunai untuk modal usaha atau kebutuhan mendesak dengan
biaya penitipan (ujrah) yang dihitung harian, murah, dan sesuai syariah. Sehingga hal
tersebut apakah menjadi faktor dari adanya peningkatan jumlah nasabah dan
kepuasan bagi nasabah. Kemudian faktor lainnya apakah dari kualitas layanan yang
diberikan kepada nasabah ataupun dari lokasi yang cukup strategis. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, harga, dan lokasi terhadap
kepuasan nasabah produk pembiayaan gadai emas di BPRS Sarana Prima Mandiri
Kantor Pusat Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian
kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan produk
gadai emas di BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Pusat Pamekasan yang berjumlah
593 orang nasabah. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus
slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 86 responden. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Insidental yang merupakan teknik
penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menjawab hipotesis pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda untuk
menjawab hipotesis 1, 2, 3, dan 4 dengan menggunakan program SPSS Versi 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas layanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung sebesar 5,431 lebih
besar dari ttabel (5,431 > 1,989), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (2) harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung
sebesar 5,332 lebih besar dari ttabel (5,332 > 1,989), dengan nilai signifikansi 0,000 <
0,05; (3) Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah
dengan nilai thitung sebesar 3,374 lebih besar dari ttabel (3,374 > 1,989), dengan nilai
signifikansi 0,001 < 0,05; (4) Kualitas layanan, harga, dan lokasi secara simultan
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah nilai fhitung sebesar 29,153 lebih besar dari
ftabel (29,153 > 2,72), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain