Text
Pengaruh Kualitas Layanan Jasa, Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Homesyah Laundry Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Layanan Jasa, Harga, Lokasi, Promosi, Kepuasan
Pelanggan.
Perkembangan teknologi pada saat ini berkembang sangat pesat salah
satunya mesin cuci dimana harganya terbilang cukup mahal sehingga tidak semua
orang mampu membelinya. Dan sebagian besar masyarakat kota mempunyai
kesibukan ada yang bekerja, mahasiswa maupun pelajar. Inilah yang menjadikan
peluang untuk pembisnis menawarkan usaha jasa laundry kepada masyarakat.
Dengan semakin ketatnya tingkat persaingan antar usaha bisnis, bukan hanya dari
sisi teknologinya saja namun juga dalam memberikan kepuasan terhadap para
pelanggan, maka usaha seperti halnya Homesyah Laundry harus bisa menyiapkan
strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran. Cara yang dapat dilakukan oleh
Homesyah Laundry bisa dengan mempertimbangkan bauran pemasaran yaitu
kualitas layanan jasa, harga, lokasi, dan promosi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada lima tujuan dalam penelitian ini, yaitu:
pertama, untuk menguji pengaruh kualitas layanan jasa, harga, lokasi, dan promosi
secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Homesyah Laundry Kabupaten
Pamekasan. Kedua, untuk menguji pengaruh kualitas layanan jasa terhadap
kepuasan pelanggan pada Homesyah Laundry Kabupaten Pamekasan. Ketiga,
untuk menguji pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan pada Homesyah
Laundry Kabupaten Pamekasan. Keempat, untuk menguji pengaruh lokasi terhadap
kepuasan pelanggan pada Homesyah Laundry Kabupaten Pamekasan. Kelima,
untuk menguji pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Homesyah
Laundry Kabupaten Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu kuantitaif
asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh pelanggan
Homesyah Laundry. Untuk penentuan sampel peneliti menggunakan rumus
lemeshow sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 100 pelanggan. Kemudian
teknik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji simultan diperoleh nilai Fhitung>Ftabel =
51,124 > 2,46 yang berarti ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara
variabel kualitas layanan jasa, harga, lokasi, dan promosi terhadap kepuasan
pelanggan pada Homesyah Laundry Kabupaten Pamekasan. Sedangkan uji parsial
variabel kualitas layanan jasa diperoleh nilai thitung sebesar -0,308 < ttabel 1,984 yang
berarti kualitas layanan jasa tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada
Homesyah Laundry Kabupaten Pamekasan. Variabel harga diperoleh nilai thitung
sebesar 5,172 > ttabel 1,984 yang berarti harga berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan pada Homesyah Laundry Kabupaten Pamekasan. Untuk variabel lokasi
nilai thitung sebesar 3,087 > ttabel 1,984 yang artinya lokasi berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan pada Homesyah Laundry kabupaten Pamekasan. Dan untuk
variabel promosi nilai thitung sebesar 2,111 > ttabel 1,984 yang artinya promosi
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Homesyah Laundry kabupaten
Pamekasan
Tidak tersedia versi lain