Text
Implementasi Strategi Pemasaran Usaha Air Minum Kemasan HK Di Desa Cenlecen Dalam Upaya Meningkatkan Volume PenjualanPenjualan
Kata Kunci: Implementasi, Strategi |Pemasaran, Usaha Air Minum Kemasan HK,
Volume Penjualan.
Penerapan strategi pemasaran dalam perusahaan sangat berpengaruh dalam
kinerja perusahaan yang bersangkutan. Berhasil atau tidaknya perusahaan untuk
dapat bersaing mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya dalam penerapan
strategi pemasaran yang efektif. Strategi pemasaran sangatlah penting bagi setiap
para pelaku usaha termasuk bagi usaha air minum kemasan HK di desa Cenlecen
agar bisa menghadapi persaingan yang ketat dengan melakukan kegiatan-kegiatan
yang efektif untuk mendorong konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan
sehingga bisa meningkatkan volume Penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam
meningkatkan volume penjualan yang digunakan usaha air minum kemasan HK di
Desa Cenlecen dan untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pemasaran
usaha air minum kemasan HK dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Jenis
penelitian yang digunakan berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer diperoleh dari
pemilik usaha, karyawan, dan konsumen. Metode pengumpulan data, peneliti
menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah strategi
pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan industri air minum kemasan HK di
Desa Cenlecen yaitu dengan menggunakan bauran pemasaran atau yang lebih
dikenal dengan istilah marketing mix yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan
promosi. Strategi yang digunakan dalam meningkatkan volume penjualan air
minum kemasan HK adalah lebih memperhatikan strategi harga dan promosi. Harga
yang murah dan terjangkau sesuai dengan kualitas produk sehingga tidak membuat
konsumen kecewa dan mampu meningkatkan penjualan serta promosi yang
digunakan mampu memperluas wilayah pemasaran sehingga bisa meningkatkan
penjualan. Kendala yang dihadapi yaitu terdapat dari faktor eksternal: kurangnya
Masyarakat luas mengetahui tentang produk air minum kemasan HK dan faktor
internal: produksi dan pengiriman barang yang tidak mencapai target dari biasanya
dikarenakan salah alat mengalami kerusakan sehingga Perusahaan HK melakukan
pemangkasan dengan cara mengirim sebagian barang kepada pelanggan agar
pelanggan tidak kecewa dan merasa puas.
Tidak tersedia versi lain