Text
Strategi Pemasaran Digital Melalui Sosial Media Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Produk MytaFash_Up Di Desa Angsanah
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Omzet Penjualan, Perspektif Ekonomi Islam
Strategi adalah suatu rencana yang disatukan menyeluruh untuk memastikan
tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksana yang tepat. Terutama dalam
hal pemasaran perlu adanya strategi yang tepat, karena strategi pemasaran dilakukan
untuk memperkenalkan suatu produk pada para konsumen, sehingga strategi
pemasaran yang dilakukan oleh pemilik usaha MytaFash_U menggunakan dengan
media Watshaap, Instagram, Tik-tok serta berkolaborasi dengan berbagai selebgram
yang sering disebut endors untuk memperkenalkan berbagai produk MytaFash_Up.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua pokok permasalahan dalam
penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran
dalam meningkat omzet penjualan pada MytaFash_Up dengan digital melalui sosial
media, yang kedua yaitu untuk mengetahui bagaimana pemasaran pada MytaFash_Up
dengan digital melalui sosial media menurut perspektif ekonomi Islam. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian berupa penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode observasi non partisipan,
dengan wawancara semi terstruktur serta metode dokumentasi, peneliti memperoleh
data informasi secara langsung melalui pemilik, karyawan, dan pembeli produk pada
MytaFash_Up.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama Strategi yang digunakan
pada MytaFash_Up dalam meningkatkan omzet penjualan dengan menggunakan
strategi bauran pemasaran yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan
strategi promosi melalui sosial media seperti WhatsApp, Instagram, dan Tiktok.
Dengan promosi menggunakan media sosial MytaFash_Up bisa memaksimalkan
dalam peningkatan omzet penjualannya. Kedua Strategi pemasaran secara syariah yang
di terapkan pada MytaFash_Up sudah sesuai dengan teori-teori yang ada.
MytaFash_Up dalam menjalankan promosi melalu media Watshaap, Instagram,
maupun Tik-Tok selalu mengedepankan kebeneran dan kejujuran, dengan
menyebarkan informasi dengan sebenar-benarnya diantaranya terkait kualitas barang
yang dijual. Selain itu MytaFash_Up menjalankan usahan selalu memberikan yang
terbaik dengan bertanggung jawab terhadap pesanan konsumen dan juga selalu tepat
waktu ketika ada pesanan masuk dari konsumen, serta mengedepankan komonikasi
yang baik dan menekankan kerja team, serta dalam menjalankan usaha harus memiliki
nilai kecerdasan dan pengetahuan yang luas terhadap usaha yang dijalnkan, dan
memiliki keberanian menganalisi data dan berani mengambil keputusan yang tepat
serta mengambil resiko.
Tidak tersedia versi lain