Text
SrategiMarketing-Mix Syariah Depot Air Minum Isi Ulang BIA Fresh Water Dalam meningkatkan Penjualan di Kolpajung Pamekasan
Kata Kunci: Marketing-Mix Syariah, Depot Air Minum, Penjualan
Air minum merupakan keperluan primer yang sangat dibutuhkan setiap
manusia. Menurut Permenkes RI NO. 492/Menkes/per/IV/2010 air minum
diartikan sebagai air yang telah diolah mengelalui pengolahan atau tanpa
pengolahan yang telah memenuhi syarat kesehatan yang langsung dapat
dikonsumsi oleh manusia.Sebelum kemajuan tekhnologi sepesat saat ini,
mayoritas konsumen memasak air yang mereka temukan guna untuk memenuhi
kebutuhan air minumnya. Model pemenuhan tersebut berubah seiring
berkembangnya zaman dan tekhnologi, sehingga konsumen mencari alternatif
baru dan instan yang murah dalam memenuhi kebutuhan air minumnya untuk
dikonsumsi oleh konsumen sehari-hari.Namun air yang di produksi harus tetap
memenuhi standar kesehatan yang telah ditetapkan dan tetntunya dengan harga
yang sangat terjangkau.
Fokus dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
strategi Marketing-Mix Syariah dan keunggulan dalam meningkatkan penjualan
air minum isi ulang di Depot air minum isi ulang BIA Fresh Water. Penelitian ini
menggunkan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan (field research) yaitu dengan menyusun dan mengumpulkan data dengan
cara mendatangi langsung ke tempat penelitian serta masyarakat yang ada
dilapangan untuk mempelajari berbagai permasalahan yang diteliti Jenis
penelitian ini digunakan untuk memahami tentang fenomena yang sedang di alami
oleh subjek penelitian dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dan
bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah.
Strategi Marketing-Mix Syariah yang diterapkan oleh Depot Air Minum Isi
Ulang BIA Fresh Water Kolpajung yaitu menggunakan strategi Produk (Product),
harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion) namun tetap dengan
menggunakan syariah yang berpegang teguh pada kunci sukses dalam berbisnis
syariah. Adapun kunci sukses tersebut yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh dan
Fathanah.Dari segi product (produk) air minum isi ulang di Depot air minum isi
ulang BIA Fresh Water telah dilakukan uji kualitas air dengan alat yang ada di
depot yaitu Tds (total disable solid), elektrolisa, dan pH meter dan menguji
kualitas air ke laboratorium secara berkala yang dilakukan oleh dinas kesehatan.
Dari segi price (harga) Depot air minum isi ulang BIA Fresh Water mematok
harga yang terjangkau dibandingkan dengan Depot air minum isi ulang lainnya.
Dari segi place (tempat) Depot air minum isi ulang BIA Fresh Water bertempat di
Kolpajung. Depot air minum isi ulang tersebut juga menyediakan jasa antar
jemput demi mempermudah proses transaksi yang dilakukan untuk meningkatkan
penjualan serta penghasilan. Sedangkan dari segi promotion (promosi) Depot air
minum isi ulang BIA Fresh Water mempromosikan produk mereka dari mulu ke
mulut dan door to door, media sosial melalui whatsapp
Tidak tersedia versi lain