Text
Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Merek Tumas Di Desa Klampar Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Air mineral Tumas merupakan sebuah merk air minum dalam kemasan
yang didirikan oleh H. Moh. Taufik pada 12 Maret 2020. Air mineral Tumas ini
merupakan salah satu produksi lokal Pamekasan yaitu desa klampar. Untuk
mecapai keberhasilan industri ditentukan oleh ketepatan pemilik usaha dalam
menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh
konsumen. Terlebih pada kondisi sekarang, pemasaran merupakan pertempuran
persepsi konsumen dan tidak hanya sekedar pertempuran produk dan harga tetapi
keputusan pembelian juga sangat berpengaruh untuk memenangkan pasar
Persaingan kualitas produk dan harga yang begitu sengit, menuntut para pemasar
(produsen) untuk dapat menyediakan produk-produk yang berkualitas dan harga
yang terjangkau oleh pelanggan serta dapat mengembangkan suatu produk yang
bermanfaat dan inovatif sesuai dengan harapan pelanggan/konsumen dan
kebutuhan pasara, sehingga kepuasan setelah mengkonsumsi dapat diperoleh dan
akan membuat pelanggan melakukan pembelian di masa yang akan datang atau
pembelian berulang pada produk yang sama dengan kata lain dapat membuat
konsumen melakukan keputusan pembelian.
Berdasarkan hal tersebut, maka dirumuskan permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah harga berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian air mineral merek tumas di desa klampar
kecamatan proppo kabupaten pamekasan. Kedua, apakah kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air mineral merek tumas di
desa klampar kecamatan proppo kabupaten pamekasan. Ketiga, apakah harga dan
kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air mineral
merek tumas di desa klampar kecamatan proppo kabupaten pamekasan.
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
menggunakan analisis statistik dan angka-angka dengan analisis regresi linear
berganda. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner yang disebarkan kepada
pembeli/konsumen air tumas dengan jumlah sampel sebanyak 96 yang diambil
menggunakan teknik sampling insidental.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh harga dan kualitas
produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian air mineral merek tumas dengan thitung 4,232 dan 4,052 > ttabel
1,985 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Harga dan kualitas produk secara
simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian air
mineral merek tumas di desa klampar kecamatan proppo kabupaten pamekasan
dengan fhitung 63,029 > ftabel 3,94 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain