Text
Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada Home Industry Catering (Selvi) di Desa Laden Kabupaten Pamekasan dalam Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, Home Industry Catering,
Perspektif Ekonomi Islam.
Strategi pemasaran merupakan proses pengembangan menguasai pasar dalam
kondisi lingkungan bisnis yang berubah terus menerus untuk memaksimumkan
kepuasan pelanggan. Strategi dapat dilakukan dengan penentuan lokasi terlebih
dahulu agar dapat memudahkan dalam melakukan pemasaran. Hal ini juga dilakukan
oleh Home Industry Catering (Selvi) dalam melakukan strategi pemasarannya.
Namun lokasi pada Home Industry Catering (Selvi) ini dapat dikatakan kurang
strategis karena berada didalam gang sempit yang cukup jauh dari jalan raya sehingga
akses menuju tempat catering akan sedikit terhambat.
Terdapat permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yang
pertama yaitu bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan
produk Home Industry Catering (Selvi), kedua bagaimana implementasi strategi
pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan produk pada Home Industry
Catering (Selvi), ketiga bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan volume
penjualan produk Home Industry Catering (Selvi) dalam perspektif Ekonomi Islam.
Jenis penelitian yang digunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif
yang menggunakan metode observasi non partisipan, dengan wawancara semi
terstruktur serta metode dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam hal strategi
pemasaran yang dilakukan oleh pemilik Home Industry Catering (Selvi) dengan cara
berkeliling untuk memasarkan dagangannya serta menitipkan produk dagangan ke
warung-warung terdekat. Kedua, dalam implementasi strategi pemasaran
menggunakan bauran pemasaran dimulai dari produk Home Industry Catering (Selvi)
selalu membuat berbagai macam makanan mulai dari nasi kotak, nasi tumpeng, kue
ulang tahu, lamaran, maupun jajanan tradisional lainnya. Selanjutnya untuk harga
yang ditawarkan relatif murah tergantung dengan pesanan pelanggan. Kemudian
untuk tempat pada Home Industry Catering (Selvi) tergolong kurang strategis akan
tetapi pesanan yang diterima masih banyak didapatkan. Terakhir ada promosi yang
dilakukan dengan mengikuti bazar di Desa Laden. Ketiga, dalam pandangan Ekonomi
Islam Home Industry Catering (Selvi) mencontoh keteladanan sifat Nabi Muhammad
SAW yakni jujur (shiddiq), dapat dipercaya (amanah), cerdas (fatanah), komunikatif
(tabligh)
Tidak tersedia versi lain