Text
Strategi Persaingan Bisnis Pedagang Kaki Lima di Jalan Niaga
Kata kunci: Strategi, Persaingan Bisnis, Pedagang Kaki Lima
Strategi persaingan bisnis adalah serangkaian rencana dan tindakan dasar
yang diimplementasikan oleh suatu perusahaan guna mengahapi berbagai macam
persaingan demi tercapainya tujuan bisnisnya. Saat ini persaingan di dalam dunia
bisnis semakin ketat, khususnya persaingan pedagang kaki lima yang berada di
Jalan Niaga Kabupaten Pamekasan, jumlah pedagang kaki lima di sana semakin
hari semakin meningkat. Hal inilah yang membuat para pedagang harus
menyiapkan startegi agar produknya mampu bersaing dengan pedagang kaki lima
lainnya. Berdasarkan hal tersebut ada duapokok tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini yang pertama, yaitu untuk mengetahui Persaingan Bisnis Pedagang
Kaki Lima di Jalan Niaga Kabupaten Pamekasan. Kedua, untuk mengetahui
kendala yang dihadapi oleh pedagang kaki lima dalam menjalankan usahanya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur,
observasi dan dokumentasi, Informannya adalah manager dan karyawan UD.
Camilan Madura serta UMKM. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi sumber dan
teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pedagang kaki lima
dalam strategi persaingan bisnisnya menerapkan strategi1)produk yaitu
menciptakan produk yang memiliki cita rasa tersendiri, 2) tempat yaitu
menyediakan tempat yang bersih untuk para konsumennya,3) harga yaitu
memberikan harga yang sesuai dengan harga pasar atau juga disesuaikan dengan
porsinyaa, 4) promosi yaitu pedagang kaki lima menggunakan media baliho untuk
mempromosikan produknya, 5) pelayanan yang baik.. kedua, pedagang kaki lima
menghadapi beberapa kendala yang bisa dilihat dari faktor internal berupa lokasi
dan modal usaha serta factor eksternal yaitu musim hujan
Tidak tersedia versi lain