Text
Persaingan Bisnis Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Toko Kelontong Di Desa Aengsareh Kecamatan Sampang
Kata Kunci : Toko Kelontong, Persaingan Bisnis, Etika Bisnis Islam
Toko kelontong merupakan salah satu bisnis yang diminati oleh berbagai
kalangan masyarakat, hal ini dikarenakan kemudahan dalam pengelolaan dan
besarnya keuntungan yang dihasilkan, sehingga membuat banyak orang membuka
bisnis di bidang ritel tersebut, akan tetapi dengan semakin banyaknya jumlah
pengusaha, menimbulkan persaingan yang ada semakin sulit, sehingga diperlukan
strategi dan pengelolaan yang matang agar dapat tetap bertahan, islam telah
mengatur sedemikian rupa mengenai persaingan dalam berbisnis dalam etika
bisnis Islam.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka ada tiga permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana persaingan
bisnis Toko kelontong Sampang. Kedua Bagaimana strategi persaingan bisnis
Toko kelontong. Ketiga, Bagaimana persaingan bisnis dan strategi Toko
kelontong di Desa Aengsareh Kecamatan Sampang dalam perspektif Etika Bisnis
Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh dari wawancara. Wawancara yang digunakan yaitu jenis
wawancara semi struktur. Informanya adalah para pemilik toko kelontong dan
pembeli.
Hasil dari penelitian ini yaitu :Pertama, keadaan persaingan toko
kelontong terbilang berat hal ini dikarenakan banyaknya jumlah toko kelontong
dengan konsep penjualan yang sama dalam jarak berdekatan, Kedua Strategi
persaingan bisnis yang diterapkan oleh pedagang di Desa Aengsareh
dikategorikan persaingan sehat dan strategi yang diterapkan bervariasi mulai dari
Memperbaiki kualitas pelayanan, Memastikan ketersediaan barang, Menyesuaikan
barang dagangan dengan kondisi pasar, Tidak mempermainkan harga (harga
kompetitif), Menjual produk terbaru yang belum dimiliki oleh kompetitor dan
memanfaatkan tempat yang strategis. Ketiga, persaingan yang ada lebih memilih
fokus pada pelayanan. Dan berdasarkan strategi yang diterapkan oleh para
pedagang, tidak ditemukannya segala hal yang melanggar prinsip etika bisnis
Islam
Tidak tersedia versi lain