Text
Strategi Promosi dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Kain Tenun UD Mandiri di Desa Larangan Badung Keacamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Promosi, Volume Penjualan, Kain Tenun
Dalam dunia usaha dituntut untuk tanggap terhadap situasi pasar, makin banyak
pesaing bergerak dibidang yang sama setiap perusahaan hendaknya berusaha untuk
memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan dengan berbagai macam cara guna
memperoleh keuntungan yang diharapkan dengan menerapkan strategi pemasaran yang
tepat. Di indonesia terdapat salah satu seni budaya kain tradisional yang berupa tenun
dengan ciri khas masing-masing. Salah satunya pada UD. Mandiri yang berada di
Dusun Badung Tengah, Desa Larangan Badung, Kecamatan Palengaan, Kabupaten
Pamekasan yang bergerak dalam usaha kerajinan Tenun Ikat dengan pemasaran produk
yang belum mendapatkan tempat dipasaran karena banyaknya produk yang lebih dulu
menempati pasar. Sehingga menyebabkan tempat pemasarannya sempit dan banyak
masyarakat yang berada diluar kabupaten Pamekasan belum tau tentang keberadaan
tenun ini Oleh sebab itulah, peranan Promosi (Promotion) sangatlah diperlukan dalam
hal ini.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu 1. Bagaimana strategi
promosi yang digunakan UD Mandiri dalam meningkatkan volume penjualan kain
tenun di Larangan Badung Pamekasan? 2. Bagaimana volume penjualan satu tahun
terakhir pada kain tenun di UD Mandiri Larangan Badung Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif karena peneliti akan memaparkan dan memperoleh gambaran tentang
permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi promosi yang digunakan
UD. Mandiri dalam meningkatkan volume penjualan kain tenun di Larangan Badung
Pamekasan menggunakan personal selling dan media sosial. Media sosial yang
digunakan UD. Mmandiri adalah media jenis facebook dan whatsaap. (2) Volume
penjualan satu tahun terakhir kain tenun UD. Mandiri Larangan Badung Pamekasan
mengalami peningkatan volume penjualan, dengan adanya transparasi laporan
penjualan satu tahun terakhir cukup memuaskan karena pembeli cocok dengan warna
motif kain tenun produksi UD. Mandiri seperti sabhet mani’ dan junjung drajat.
Laporan Volume Penjualan Satu Tahun Terakhir pada Penjualan Kain Tenun UD.
Mandiri Larangan Badung yaitu, mengalami peningkatan volume penjualan dari tahun
2021-2022, dimana pada tahun 2022 berhasil menjual sebanyak 171 Pcs. Dengan
demikian, adanya strategi pemasaran yang tepat bisa mendukung peningkatan volume
penjualan tenun tersebut
Tidak tersedia versi lain