Text
Pengaruh Bauran Pemasaran (Product, Price, Place, and Promotion) Terhadap Keputusan Pembelian di Barokah Homeshop Taroan Pamekasan
Kata Kunci: Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian
Barokah Homeshop Taroan Pamekasan merupakan salah satu dari sekian
banyak toko busana muslim yang ada di Kabupaten Pamekasan. Barokah
Homeshop menjual berbagai jenis busana muslim dari berbagai brand. Berawal
dari berjualan online, sampai pada akhirnya memutuskan untuk membuka offline
store. Namun seiring perkembangan mode fashion, persaingan semakin ketat
karena toko busana muslim lain akan selalu melakukan inovasi terhadap produk
yang mereka tawarkan.
Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang dihadapi oleh Barokah
Homeshop Taroan Pamekasan adalah bagaimana menyusun strategi pemasaran
yang baik salah satunya melalui bauran pemasaran agar konsumen melakukan
keputusan pembelian di toko tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh 4 elemen bauran pemasaran yaitu produk, harga, lokasi, dan promosi
terhadap keputusan pembelian di Barokah Homeshop Taroan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis
penelitian purposive sampling dengan kriteria pernah melakukan pembelian di
Barokah Homeshop Taroan Pamekasan minimal 1 kali. Populasi dalam penelitian
ini adalah konsumen dari Barokah Homeshop dengan jumlah sampel 100
responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar
kuesioner kepada konsumen Barokah Homeshop dengan model skala likert.
Hasil analisis regresi linier berganda Y = 0,991 + 0,306 X1 – 0,028 X2 +
0,656 X3 + 0,443 X4. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap
variabel dependen adalah variabel lokasi (0,656). Secara simultan produk, harga,
lokasi, dan promosi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Secara parsial harga tidak berpengaruh tetapi tidak signifikan,
sedangkan variabel lain seperti produk, harga, dan promosi berpengaruh positif dan
signifikan. Hasil koefisien determinasi (R2
) diperoleh sebesar 0,812. Hal ini berarti
81,2% dari variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel produk,
harga, lokasi, dan promosi, sedangkan sisanya yaitu 18,8% dipengaruhi oleh
variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Tidak tersedia versi lain