Text
Pengembangan Produksi Pada Usaha Mytafash_Up Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Desa Angsanah Palengaan Pamekasan
Kata Kunci: Pengembangan Produksi, Ekonomi Islam
Dewasa ini, perkembangan dunia usaha ditandai dengan semakin tajamnya
persaingan. Hal ini dibuktikan dengan adanya tempat usaha atau perusahaan yang
bergerak di bidang yang sama. Persaingan inilah yang dirasakan oleh
Mytafash_Up. Pelaku usaha dituntut untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar
tidak beralih kepada produk kompetitor yang lain. Mytafash_Up mengembangkan
produk yang awalnya hanya fokus memproduksi hijab, kini Mytafash_Up
memproduksi fashion muslimah yang mempunyai berbagai model dan motif yang
tidak dimiliki oleh produsen lain.
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, Pertama bagaimana Pengembangan Produksi Pada
Usaha Mytafash_Up Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Desa Angsanah
Palengaan Pamekasan. Kedua, apa yang menjadi hambatan dan solusi
Pengembangan Produksi Pada Usaha Mytafash_Up
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah pemilik usaha Mytafash_Up di Desa Angsanah Palengaan
Pamekasan, beberapa karyawan dan konsumen dari Mytafash_Up. Pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan produksi yang
digunakan pada Mytafash_Up telah sesuai dengan teori aspek keberhasilan
pengembangan produksi. Selain itu, pengembangan produksi pada Mytafash_Up
secara garis besar sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Diantaranya
memperhatikan aspek keesan, keadilan, kehendak bebas, dan tanggung jawab.
Sedangkan kendala yang dialami Mytafash_Up berada pada aspek modal dan
tenaga kerja produksi. Solusi dari kendala yang dialami Mytafash_Up adalah
mengadakan evaluasi mendalam dan bekerjasama dengan vendor-vendor terkait
Tidak tersedia versi lain