Text
Pengaruh Label Halal Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Scarlett Pada Mahasiswi Ekonomi Syari’ah Angkatan 2019-2021
Kata Kunci: Label Halal, Promosi dan Keputusan Pembelian
Penelitian ini dilakukan di Institut Agama Ialam Negeri (IAIN) Madura pada mahasiswi
program studi Ekonomi Syari’ah (ES) angkatan 2019-2021. Tujuan dalam penelitian iniadalah
sebagai berikut: pertama, Untuk mengetahui bagaimana pengaruh label halal dan promosi
terhadap keputusan pembelian produk kosmetik scarlett pada mahasiswi ekonomi syariah IAIN
Madura angkatan 2019-2021, kedua, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh label halal dan
promosi terhadap keputusan pembelian produk kosmetik scarlett pada mahasiswi ekonomi
syariah IAIN Madura angkatan 2019-2021.
Penelitian ini menggunakan hubungan kausal dengan jenis penelitian regresi linier
berganda dengan bantuan alat analisis SPSS versi 21. Jenis data ang digunakan adalah data
primer ang diperolehy melalui kusioner, populasi ang digunakan yaitu mahasiswi ekonomi
syariah IAIN Madura angkatan 2019-2021, dengan jumlah sampel 159 orang dan prosedur
pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Pembuktian hipotesisnya menggunakan
perhitungan, uji regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefesien determinasi (R2
) dengan
melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu untuk mengetahui data regresi yang digunakan
berdistribusi normal.
Dari hasil uji asumsi klasik menunjukkan data regresi normal. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai koefesien regresi variabel X1 bernilai positif (0.474) dan nilai
koefesien regresi variabel X2 bernilai positif (0.214) maka dengan demekian dapat di9katakan
bahwa label halal (X1) dan promosi (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelin (Y).
Berdasarkan hasil uji F diperoleh F hitung sebesar 70.551 dan tingkat signifikansi 0,000,
sedangkan f tabel sebesar 3.90. hal ini menunjukkan bahwa label halal dan promosi secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (terikat). Dan uji t variabel label
halal(X1) memperoleh t hitung sebesar 10,533 dan signifikansi 0,000 berdasarkan kriteria
pengujian signifikansi 0,000
Tidak tersedia versi lain