Text
Analisis Strategi Promosi Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Cabang Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Promosi, Promosi Syariah, Rumah Makan Ayam Goreng
Nelongso Pamekasan
Pemasaran secara umum merupakan keseluruhan proses dari perencanaan
konsep, harga, promosi dan pendistribusian untuk menciptakan suatu produk atau
jasa tertentu untuk meraih kepuasan pelanggan dan mencapai tujuan suatu
organisasi. Sedangkan pemasaran syariah tidak hanya terfokus untuk mendapatkan
keuntungan dan kepuasan semata, akan tetapi mengacu kepada rujukan ilahiyah
yaitu Al-qur’an dan As-sunnah serta diperkuat oleh ijma’ dan qiyas untuk meraih
kebahagiaan yang haqiqi. Maka sudah jelas bahwa dalam pemasaran syariah dari
semua prosesnya baik proses penciptaan, penawaran dan perubahan nilai (value)
tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan akad dan prinsip-prinsip
muamalah dalam Islam.
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan menjelaskan keadaan atau kondisi dilapangan secara
deskripsi. Lokasi penelitian ini terletak di Jl. KH. Amin Jakfar, No. 6, Gladak
Anyar, Kec. Pamekasan, Kab. Pamekasan, Jawa Timur 69317. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan
(Field Research).
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pihak pengelola
Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Cabang Pamekasan sudah menerapkan
strategi promosi dengan menggunakan bauran promosi seperti media periklanan,
undian berhadiah, challenge dan donator acara atau kegiatan dalam meningkatkan
penjualan dan memperluas pangsa pasar. Kedua, implemntasi strategi promosi
Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Cabang Pamekasan perspektif promosi
syariah berdasarkan bauran promosi syariah dengan media periklanan yang tidak
mengandung unsur pornografi dan penipuan. Sedangkan pada bauran promosi
public relation berdasarkan konsep tolong menolong dalam aspek sosial
kemasyarakatan. Pemasaran langsung dengan tindakan etika produsen yang
disandarkan pada nilai-nilai keislaman yang terkandung dalam Al-Qur’an dan
Hadist kepada pelanggan untuk memperoleh respon secara langsung dan tidak ada
pihak yang dirugikan dalam Promosi penjualan dan yang terkahir penjualan pribadi
dengan meberikan pelayanan yang maksimal dan etika yang baik dalam melayani
konsumen atau pelanggan sehingga memberikan kenyamanan dan terhindar dari
prilaku curang yang melanggar kepentingan orang lain secara sengaja
Tidak tersedia versi lain