Text
Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Tabungan Barokah Di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep
Kata Kunci: Kualitas Produk, Personal Selling, Keputusan Nasabah
Secara harfiah, Bank Pembiyaan Rakyat Syariah (BPRS) merupakan suatu
lembaga keuangan yang telah lama berkembang dan diakomodir untuk kepentingan
ekonomi, serta masyarakat lapisan menengah kebawah. Salah satu kunci
berhasilnya BPRS bisa dilihat dari banyaknya nasabah yang menabung dan
menggunakan salah satu produk di BPRS. Salah satu cara meningkatkan keputusan
nasabah dalam menabung dan memilih produk adalah dengan meningkatkan
kualitas produk dan personal selling.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah kualitas produk
berpengaruh terhadap pengambilan keputusan nasabah dalam memilih produk
Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep. Untuk
mengetahui apakah personal selling berpengaruh terhadap pengambilan keputusan
nasabah dan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan personal selling
berpengaruh terhadap pengambilan keputusan nasabah. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif, yaitu penelitian dengan analisis statisic atau
angka-angka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability
sampling dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa uji t diperoleh thitung > ttabel (3,477
> 1,66071). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa
Kualitas Produk (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Nasabah. Variabel lain yaitu Personal selling diperoleh thitung > ttabel (9,4484 >
1,66071). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa
Personal Selling (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Personal
Selling. Fhitung > Ftabel (88,966 < 3,09), artinya semua variabel independen (Kualitas
Produk dan Personal Selling) secara simultan berpengaruh positif signifikan
terhadap variabel dependen (Keputusan Nasabah) dan besarnya R Square adalah
0,647 atau 64,7% (65%) hal ini berarti bahwa variabel independen Kualitas Produk
dan Personal Selling mampu menjelaskan variabel dependen (Keputusan Nasabah)
sebesar 65%.
Tidak tersedia versi lain