Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Personal Selling Terhadap Minat Menabung Pada Produk Tabungan Multiguna di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Personal Selling, Minat Menabung
Perkembangan dunia lembaga keuangan saat ini semakin kompleks,
begitupun PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Berbagai macam jenis
produk dan sistem usaha ditawarkan oleh BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan,
salah satunya adalah Tabungan Multiguna. Berbagai cara dilakukan dalam
meningkatkan kemajuan, diantaranya dengan meningkatkan kualitas pelayanan
serta pemasaran. Pemasaran yang dimaksud adalah personal selling. Berdasarkan
hal tersebut, maka tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan dan personal selling terhadap minat menabung nasabah pada produk
tabungan Multiguna.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh nasabah Tabungan Multiguna di
PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan sebanyak 7636 Nasabah. Teknik
pengambilan sampel penelitian adalah non probability sampling dengan metode
Accidental sampling. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus slovin dan
diperoleh hasil sampel 99 responden. Teknik analisa data menggunakan analisis
regresi linear berganda dengan SPSS 24.
Berdasarkan hasil uji T (uji parsial) thitung untuk variabel kualitas pelayanan
(X1) sebesar 4,740 taraf sig. 0,000007, hal ini menunjukkan bahwa thitung (4,740) >
ttabel (1,984) dan nilai sig. (0,000007) < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif
dan signifikan kualitas pelayanan (X1) terhadap minat menabung (Y). Untuk hasil
uji T (uji parsial) thitung untuk variabel personal selling (X2) sebesar 4,814 taraf sig.
0,000005, hal ini menunjukkan bahwa thitung (4,814) > ttabel (1,984) dan nilai sig.
(0,000005) < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan personal
selling (X2) terhadap minat menabung (Y). Sedangkan hasil uji F (simultan)
menunjukan bahwa diperoleh nilai Fhitung sebesar 32,005 dengan taraf signifikansi
sebesar 0,000 dan nilai Ftabel sebesar 3,088. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Fhitung
(32,005) lebih besar dari Ftabel (3,088) dan taraf sig. (0,000) < 0,05. Maka dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan personal selling
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung pada produk tabungan
multiguna di PT BPRS Sarana Prima Mnadiri Pamekasan
Tidak tersedia versi lain