Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Produk Tabungan Mudharabah (Tabah) Di KSPPS BMT NU Cabang Camplong Kabupaten Sampang
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Mnenabung.
Dunia perbankan mengalami perkembangan yang begitu pesat khususnya
lembaga keuangan syariah. Dengan semakin ketatnya tingkat persaingan antar
lembaga keuangan syariah, maka lembaga keuangan syariah seperti halnya KSPPS
BMT NU Cabang Camplong Kabupaten Sampang harus bisa menyiapkan strategi
pemasaran yang baik dan tepat sasaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh
KSPPS BMT NU Cabang Camplong adalah dengan memperhatikan kualitas
pelayanan dan kualitas produk. Dengan adanya kualitas pelayanan dan kualitas
produk yang baik seharusnya dapat menarik keputusan nasabah untuk menabung.
Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
dan kualitas produk terhadap keputusan menabung nasabah pada produk Tabungan
Mudharabah (tabah) di KSPPS BMT NU Cabang Camplong Kabupaten Sampang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan
analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
nasabah pada produk Tabungan Mudharabah (tabah) di KSPPS BMT NU Cabang
Camplong Kabupaten Sampang sebanyak 3555 nasabah. Sedangkan untuk
penentuan sampel, peneliti menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel
yang berjumlah 98 nasabah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Variabel kualitas
pelayanan (X1) berpengaruh terhadap keputusan menabung nasabah pada produk
Tabungan Mudharabah (tabah) di KSPPS BMT NU Cabang Camplong, dengan
nilai thitung 4,941>ttabel 1,665 dan nilai sig 0,000 < 0,05. 2) Variabel kualitas produk
(X2) berpengaruh terhadap keputusan menabung nasabah pada produk Tabungan
Mudharabah (tabah) di KSPPS BMT NU Cabang Camplong, dengan nilai thitung
4,458>ttabel 1,665 dan nilai sig0,000 < 0,05. 3) secara simultan kualitas pelayanan
dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan menabung nasabah pada
produk Tabungan Mudharabah (tabah) di KSPPS BMT NU Cabang Camplong,
dengan nilai Fhitung 43,635>Ftabel 3,09 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai
koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukkan besarnya Adjusted R
Square adalah 0,479 atau 47,9%. Hal ini berarti sebesar 47,9% kemampuan model
regresi pada penelitian ini dalam menerangkan variabel dependen. Artinya 47,9%
keputusan menabung nasabah dijelaskan oleh variabel independen kualitas
pelayanan dan kualitas produk
Tidak tersedia versi lain