Text
Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Kantor Cabang Pegadaian Syaraiah Prenduan
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Tabungan Emas
Dalam memasarkan produk tabungan emasyang ada di kantor cabang
pegadaian syriah prenduan pastinya tidak lepas dari yang namanya strategi
pemasaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan bauran pemasaran
(marketing mix) 7P yang di dalamnya ada beberapa bagian: pertama, Produk,
kedua Harga, ketiga Tempat, keempat Promosi, kelima Proses, keenam orang, dan
terakhir bukti fisik. Strategi tersebut tentunya ada perbedaan dari lembaga
kuangan lain yang ada di sekitar kantor cabang pegadaian syariah prenduan.
Strategi pemasaran yangs ering dilakukan perusahaan yaitu dengan cara
penyebaran pemasaran itu sendiri. Suatu produk juga tidak akan dibeli dan dikenal
jika konsumen atau nasabahnya tidak memenuhi manfaatnya, keunggulan diaman
produk didaptakan seberapa harganya, dan yang paling utama.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
kehadiran peneliti dan lokasi penelitian, selanjutnya sumber data disini
menggukan data primer dan data skunder, adapun prosedur penelitian menggukan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan
menggunakan data reductin, data display, dan conclution. Pengecekan keabsahan
data menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Tahapan-tahapan
penelitiannya menggunakan tahapan pra lapangan, tahapan pekerjaan lapangan ,
dan tahap akhir.
Hasil penelitian menujukkan Produk tabungan emas yang ada di Kantor
Cabang Pegadaian Syariah Prenduan bergerak dibidang jasa simpanan uang yang
dikonversikan dalam bentuk gram emas dengan pembukaan awal Rp.50.000 per
orang dengan saldo berat emas sebesar 0.01 gram, dan dari hasil yang di kelola
oleh pihak pegadaian sebsesar 30.000 dalam 1 tahunya sebagai biaya
pemeliharaan serta melakukan pemasaran melalui agen-agen yang berkerjasama
dengan Kantor Cabang Pegadaian Syariah. hal Faktor yang menjadi daya tarik
nasabah dalam minat menabung di Kantor Cabang Pegadaian Syaraiah Prenduan
dengan produk tabungan emas yang memiliki keunggulan tersendiri dan memiliki
keuntungan yang dapat memuaskan bagi nasabahnya dapat digadaikan jika
gramnya mencapai batasan seperti 1g, 2g, tabungan emas juga dapat dijadikan
agunan haji jika mencapai gramnya, jika harga emas naik maka nasabah dapat
memBuyback tabungannnya, yang terakhir yaitu tabungan emas berbeda dengan
Rahn karena dapat ditabung kapan saja dan relatif murah
Tidak tersedia versi lain