Text
Pengaruh Strategi Diferensiasi, Positioning Product dan Pesonal Selling Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
Kata Kunci : Pengaruh Strategi Diferensiasi, Positioning Product, Pesonal
Selling, Keputusan Nasabah
BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan memiliki banyak produk unggulan
salah satunya ialah produk tabungan multiguna. Untuk membedakan produk
BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dengan produk lembaga keuangan lain
diperlukan strategi diferensiasi, positioning product dan juga personal selling
dalam aktivitas promosinya. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana
pengaruh Strategi diferensiasi, positioning product dan personal selling terhadap
keputusan nasabah memilih produk tabungan multiguna di BPRS Sarana Prima
Mandiri Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan
populasinya adalah seluruh nasabah produk tabungan multiguna di BPRS Sarana
Prima Mandiri Pamekasan sebanyak 3089 nasabah. Menggunakan teknik
pengambilan sampel nonprobability sampling metode accidental sampling dengan
menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 97 responden.
Peneliti juga menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil uji T secara parsial menunjukkan bahwa variabel strategi
diferensiasi (X1) diperoleh thitung 4,310 > ttabel 1,160 dengan taraf sig sebesar 0,000
< 0,05, positioning product (X2) diperoleh thitung 2,072 > ttabel 1,160 dengan taraf
sig sebesar 0,041 < 0,05, dan personal selling (X3) thitung 3,433 > ttabel 1,160
dengan taraf sig sebesar 0,001 < 0,05, artinya ketiga variabel tersebut berpengaruh
signifikan teradap keputusan nasabah (Y). Berdasarkan hasil uji F variabel strategi
diferensiasi (X1), positioning product (X2) dan personal selling (X3) secara
simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhfadap keputusan nasabah
(Y), dibuktikan dengan Fhitung sebesar 48,815 dengan tingkat signifikansi 0,000.
Sementara nlai Ftabel sebesar 2,70. Maka diperoleh nilai Fhitung 48,815 > nilai Ftabel
2.70 dan sig 0,000 < 0,05.
Tidak tersedia versi lain