Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Nasabah
Tingkat kualitas pelayanan dan citra perusahaan saling berkaitan terhadap
kepuasan nasabah, dapat diartikan jika pelayanan jasa membosankan, petugas bank
tidak dapat menjawab pertanyaan sederhana dengan cepat dan tepat, atau nasabah
menunggu terlalu lama, maka nasabah berpikir dua kali untuk melakukan transaksi
atau menjadi nasabah di bank tersebut. Sedangkan apabila citra perusahaan semakin
baik maka semakin tinggi tingkat kepuasan nasabah, dan sebaliknya apabila citra
perusahaan semakin buruk maka semakin rendah pula tingkat kepuasan nasabah.
Pelayanan yang dilakukan oleh karyawan Bank Syariah Indonesia KC Pamekasan
mendapatkan penilaian yang baik dari para nasabahnya karena kesopanan dan
keramahannya, namun disisi lain pada saat tertentu nasabah perlu menunggu lama
karena banyaknya nasabah yang melakukan transaksi di Bank Syariah Indonesia
KC Pamekasan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KC Pamekasan dengan
populasi berjumlah 24.000 nasabah dan jumlah sampel sebanyak 100 responden.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yang
merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu nasabah yang
secara kebetulan/insedental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai
sampel, bila dipandang orang tersebut cocok sebagai sumber data. Instrumen
penelitian dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup dengan skala likert.
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS
versi 26.
Berdasarkan hasil uji f (simultan) diperoleh nilai Fhitung (154,783) > Ftabel
(3,090) dan taraf sig. (0,000) < 0,05. artinya variabel Kualitas Pelayanan dan Citra
Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Bank
Syariah Indonesia KC Pamekasan. Sedangkan hasil uji t (uji parsial) thitung untuk
variabel Kualitas Pelayanan (X1) sebesar 3,987 taraf sig. 0,000, Hal ini
menunjukkan bahwa thitung (3,987) > ttabel (1,984) dan nilai sig. (0,000) < 0,05. yang
berarti Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kepuasan Nasabah (Y). Untuk variabel Citra Perusahaan (X2) diperoleh thitung
sebesar 5,520 taraf sig. 0,000, Hal ini menunjukkan bahwa thitung (5,520) > ttabel
(1,984) dan nilai sig. (0,000) < 0,05. yang berarti Citra Perusahaan (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Nilai koefisien
determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,756 atau 75,6%
Tidak tersedia versi lain