Text
Pengaruh Self Service Technology Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura)
Kata Kunci: ATM, Mobile Banking, Kepuasan Nasabah, Bank Syariah
Indonesia
Automatic Teller Machine (ATM) merupakan sistem pelayanan yang
diberikan kepada nasabah secara elektronik dengan menggunakan komputer untuk
mengupayakan penyelesaian secara otomatis dari sebagian fungsi yang biasanya
dilakukan oleh teller. Layanan Mobile Banking merupakan salah satu fasilitas yang
diberikan bank untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi seharihari. Melalui layanan berbasis aplikasi, nasabah bisa bertransaksi dimana saja dan
kapan saja tanpa harus mengantri di kantor bank. Tentu dengan adanya Layanan
Automatic Teller Machine dan Mobile Banking ini diharapkan bisa menjadi solusi
permasalahan nasabah sehingga kepuasan nasabah dan loyalitas menjadi tujuan
akhir. Salah satu perbankan yang telah memberikan Layanan Automatic Teller
Machine dan Mobile Banking adalah Bank Syariah Indonesia. Tujuan penelitian ini
ingin lebih jauh mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Layanan
Automatic Teller Machine dan Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah
Pengguna Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis Islam IAIN Madura).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
Asosiatif. Populasi sebanyak 1.925 mahasiswa dengan teknik sampling yang
digunakan yaitu Non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu
Purposive Sampling yang menghasilkan 112 nasabah sebagai responden dalam
penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda, Uji t, Uji F, dan koefisien
determinasi dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 26.
Dalam penelitian ini, hasil uji parsial keduanya masing-masing
menunjukkan hasil yang signifikan yaitu ATM (X1) dengan t-hitung 2,735 > t-tabel
1,981 dan Mobile Banking (X2) dengan t-hitung 2,544 > t-tabel 1,981. Secara
simultan, layanan ATM dan Mobile Banking berpengaruh terhadap Kepuasan
Nasabah Pengguna Bank Syariah Indonesia dengan hasil uji F F-hitung sebesar
5,514 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,005 dan F-tabel sebesar 3,084. Maka
nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel dengan tingkat signifikansi 0,005 yang berada
dibawah α = 0,05. Maka dari itu, berdasarkan analisis regresi diperoleh persamaan
Y = -12,462 + 0,654X1 + 0,629X2 + e dengan koefisien determinasi 92,0% yang
berarti bahwa Kepuasan Nasabah dapat dijelaskan oleh variasi variabel layanan
ATM dan Mobile Banking. Sedangkan sisanya (100% - 92,0% = 8,0%) dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain