Text
Analisis Persepsi Masyarakat Dalam Keputusan Memilih Produk Tabah (Tabungan Mudharabah) Di KSPP Syariah BMT NU Cabang Galis
Kata Kunci : Persepsi Masyarakat dan Keputusan Memilih Produk TABAH
Sebelum memilih produk tabungan TABAH, karyawan BMT menjelaskan
kepada anggota tentang produk tersebut secara jelas. Nantinya anggota menilai
dan mengevaluasi dan memperhatikan sehingga anggota yakin akan memilih
produk TABAH tersebut. Menurut salah satu anggota BMT NU Cabang Galis
mengatakan bahwa alasan menabung di BMT karena rasa aman dan tanpa ada
riba. Lalu alasan lain anggota memilih produk tabah karena proses sangat mudah,
seperti bisa di ambil kapan saja serta dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah yang
akan diuji lebih lanjut dalam penelitian ini adalah pengaruh persepsi masyarakat
terhadap keputusan memilih produk TABAH (Tabungan Mudharabah) di BMT
NU cabang Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi
didalam penelitian ini adalah seluruh anggota yang menabung dengan produk
TABAH. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
purposive sample. Pengambilan sampel ditentukan dengan rumus slovin dan
jumlah responden yang diambil sebanyak 100 responden. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu berupa kuesioner atau angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linear sederhana melalui program SPSS versi 24.
Hasil penelitian berdasarkan persamaan regresi linear sederhana
menunjukkan bahwa persepsi masyarakat secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap keputusan menabung di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis
dengan nilai t hitung 8,217 > t tabel 1,984 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05.
Hasil analisis koefisien determinasi terlihat bahwa besarnya R2 adalah 0,408 atau
40,8%. Artinya, 40,8% variasi variabel keputusan menabung pada produk Tabah
di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis dijelaskan oleh variabel indepeden
perspsi masyarakat (X). Sedangkan 59,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel
lainnya yang tidak diteliti
Tidak tersedia versi lain