PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Segmenting, Targeting, dan Positioning Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan

Rizky Ika Pramudyatama - Nama Orang;

Kata Kunci : Segmenting, Targeting, Positioning, Keputusan Nasabah.
Suatu perusahaan tentunya memiliki konsentrasi pada yang namanya strategi
pemasaran. Ada tiga elemen dalam strategi pemasaran yaitu segmenting, targeting
dan positioning (STP). Segmenting pasar merupakan kegiatan membagi suatu
pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin
memerlukan produk atau ramuan pemasaran tersendiri. Targeting pasar
merupakan proses mengevaluasi keaktifan setiap segmen, kemudian memilah
salah satu dari segmen pasar atau lebih untuk dilayani. Positioning pasar
merupakan menentukan posisi yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah ada pengaruh secara simultan
segmenting, targeting, dan positioning terhadap keputusan nasabah menggunakan
produk pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang
Pamekasan; kedua, apakah ada pengaruh segmenting terhadap keputusan nasabah
menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Pamekasan; ketiga, apakah ada pengaruh targeting terhadap keputusan
nasabah menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar
Kantor Cabang Pamekasan; dan keempat, apakah ada pengaruh positioning
terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS
Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan analisis pendekatan kuantitatif dengan teknik
analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan adalah data primer
yaitu hasil dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah nasabah yang
menggunakan atau pernah menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS
Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan dengan jumlah sampel sebanyak 96
responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, secara simultan terdapat
pengaruh signifikan segmenting, targeting, dan positioning terhadap keputusan
nasabah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F yaitu Fhitung memiliki nilai 30.544 >
Ftabel yaitu 2.70 dan nilai signifikan sebesar 0.000 < taraf signifikan 0.05; kedua,
secara parsial variabel segmenting tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah.
Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yaitu thitung 1.016 < ttabel 1.986 dan diperoleh
nilai signifikan sebesar 0.312 > taraf signifikan 0.05; ketiga, secara parsial
variabel targeting tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal ini dapat
dilihat pada hasil uji t yaitu thitung -0.070 < ttabel 1.986 dan diperoleh nilai signifikan
sebesar 0.944 > taraf signifikan 0.05; dan keempat, secara parsial variabel
positioning berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal ini dapat dilihat pada
hasil uji t yaitu thitung 4.486 > ttabel 1.986 dan diperoleh nilai signifikan sebesar
0.000 < taraf signifikan 0.05


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 312023064 RIZ P
312023064
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
312023064 RIZ P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
312023064
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PBS 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?