Text
Pengaruh Segmenting, Targeting, dan Positioning Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan
Kata Kunci : Segmenting, Targeting, Positioning, Keputusan Nasabah.
Suatu perusahaan tentunya memiliki konsentrasi pada yang namanya strategi
pemasaran. Ada tiga elemen dalam strategi pemasaran yaitu segmenting, targeting
dan positioning (STP). Segmenting pasar merupakan kegiatan membagi suatu
pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin
memerlukan produk atau ramuan pemasaran tersendiri. Targeting pasar
merupakan proses mengevaluasi keaktifan setiap segmen, kemudian memilah
salah satu dari segmen pasar atau lebih untuk dilayani. Positioning pasar
merupakan menentukan posisi yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah ada pengaruh secara simultan
segmenting, targeting, dan positioning terhadap keputusan nasabah menggunakan
produk pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang
Pamekasan; kedua, apakah ada pengaruh segmenting terhadap keputusan nasabah
menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Pamekasan; ketiga, apakah ada pengaruh targeting terhadap keputusan
nasabah menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS Bhakti Sumekar
Kantor Cabang Pamekasan; dan keempat, apakah ada pengaruh positioning
terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS
Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan analisis pendekatan kuantitatif dengan teknik
analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan adalah data primer
yaitu hasil dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah nasabah yang
menggunakan atau pernah menggunakan produk pembiayaan UMKM di BPRS
Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan dengan jumlah sampel sebanyak 96
responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, secara simultan terdapat
pengaruh signifikan segmenting, targeting, dan positioning terhadap keputusan
nasabah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F yaitu Fhitung memiliki nilai 30.544 >
Ftabel yaitu 2.70 dan nilai signifikan sebesar 0.000 < taraf signifikan 0.05; kedua,
secara parsial variabel segmenting tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah.
Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yaitu thitung 1.016 < ttabel 1.986 dan diperoleh
nilai signifikan sebesar 0.312 > taraf signifikan 0.05; ketiga, secara parsial
variabel targeting tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal ini dapat
dilihat pada hasil uji t yaitu thitung -0.070 < ttabel 1.986 dan diperoleh nilai signifikan
sebesar 0.944 > taraf signifikan 0.05; dan keempat, secara parsial variabel
positioning berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal ini dapat dilihat pada
hasil uji t yaitu thitung 4.486 > ttabel 1.986 dan diperoleh nilai signifikan sebesar
0.000 < taraf signifikan 0.05
Tidak tersedia versi lain