Text
Pengaruh Kualitas Layanan dan Bagi Hasil Terhadap Minat Anggota Dalam Menggunakan Produk TABAH di BMT NU Jawa Timur Cabang Sampang Kota
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Bagi Hasil, Minat Anggota
BMT NU Jawa Timur saat ini memiliki beberapa produk unggulan yang
banyak diminati masyarakat, salah satuya yaitu produk TABAH. Produk TABAH
merupakan tabungan yang bisa mempermudah anggota dalam memenuhi
kebutuhan sehari-hari karena setoran dan penarikan dapat dilakukan kapan saja
menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah. Dibalik minatnya anggota
menggunakan produk TABAH, tentunya terdapat kualitas layanan yang baik dan
bagi hasil dalam pengambilan keputusan anggota untuk memilih produk TABAH.
Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan
bagi hasil terhadap minat anggota dalam menggunakan produk TABAH di BMT
NU Jawa Timur Cabang Sampang Kota.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anggota pada produk TABAH di BMT NU Jawa Timur Cabang
Sampang Kota sebanyak 3.185 anggota. Sedangkan untuk penentuan sampel,
peneliti menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 97
anggota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability
sampling dengan metode accidental sampling. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara simultan
kualitas layanan dan bagi hasil berpengaruh terhadap minat anggota dalam
menggunakan produk TABAH di BMT NU Jawa Timur Cabang Sampang Kota,
dengan nilai Fhitung 13,808>Ftabel 3,09 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai
koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukkan besarnya Adjusted R
Square adalah 0,211 atau 21,1%. Hal ini berarti sebesar 21,1% kemampuan model
regresi pada penelitian ini dalam menerangkan variabel dependen. Artinya 21,1%
minat anggota dijelaskan oleh variasi variabel kualitas layanan dan bagi hasil. 2)
Variabel kualitas layanan (X1) berpengaruh terhadap minat anggota dalam
menggunakan produk TABAH di BMT NU Jawa Timur Cabang Sampang Kota,
dengan nilai thitung 2,644>ttabel 1,985 dan nilai sig 0,010 < 0,05. 3) Variabel bagi
hasil (X2) berpengaruh terhadap minat anggota dalam menggunakan produk
TABAH di BMT NU Jawa Timur Cabang Sampang Kota, dengan nilai thitung 3,228>
ttabel 1,985 dan nilai sig 0,002 < 0,05
Tidak tersedia versi lain