Text
Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Mobile banking, Kepuasan Nasabah
Bank telah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam layanan
perbankannya dengan meluncurkan media layanan transaksi perbankan melalui perangkat
handphone atau personal data assistant (PDA). Tujuan penelitian untuk mengatahui tingkat
kualitas layanan mobile banking, dan pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah di BSI KCP
Sumenep. Layanan Mobile Banking menjawab semua kebutuhan nasabah dalam bertransaksi
digital, tetapi juga memiliki kendala kurangnya fitur-fitur layanan yang ditawarkan, sehingga
belum sesuai dengan harapan nasabah. Kualitas layanan merupakan kunci dari ukuran
kepuasan nasabah. Jika kinerja gagal memenuhi ekspektasi pelanggan, maka pelanggan akan
tidak puas. Jika kinerja sesuai dengan ekspektasi pelanggan, maka pelanggan akan puas. Jika
kinerja melebihi ekspektasi pelanggan, maka pelanggan akan sangat puas dan senang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak
1500 pengguna mobile banking, sedangkan untuk penentuan sampel, peneliti menggunakan
rumus slovin sehingga di peroleh sampel sebanyak 93. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode Accident sampling. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)variabel kecepatan (X1) berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung (-2,008) > t tabel (-1,986) dan nilai
sig 0,048 < 0,05. 2)variabel keamanan (X2) tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan
nasabah dengan nilai t hitung (1,118) < t tabel (1986) dan nilai sig 0,267 > 0,05. 3)variabel
keakuratan (X3) tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung
(1,490) < t tabel (1,986) dan nilai sig 0,140 > 0,05. 4)variabel kepercayaan (X4) berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung (2,557) > t tabel (1,986) dan nilai
sig 0,012 < 0,05. Uji F simultan yang terdiri dari kecepatan (X1), keamanan (X2), keakuratan
(X3), kepercayaan (X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap
kepuasan nasabah (Y). Apabila F hitung>F tabel atau peluangnya lebih kecil dari pada 0,5
maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas tersebut secara bersama-sama berpengaruh
secara signifikan terhadap variabel terikat. Sebaliknya, jika F hitung
Tidak tersedia versi lain