Text
Pengaruh Lokasi, Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
Kata Kunci:Lokasi, Kualitas Layanan , Citra Merek dan Keputusan Menjadi
Nasabah
Saat ini perkembangan bank syariah sangatlah pesat, sebagian besar bank
syaiah sudah banyak diterima oleh masyarakat pada umumnya. Indonesia adalah
Negara dengan mayoritas umat Muslim terbesar didunia, dengan begitu pastinya
akan mempermudah bank syariah untuk mendapatkan kepercayaan dari
masyarakat muslim di negara ini khususnya. Bank syariah sendiri merupakan
salah satu lembaga keuangan yang dalam pengoperasiannya menggunakan Prinsip
Syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Lokasi, Kualitas
Layanan dan Citra Merek berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Metode yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi
linier berganda. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan insidental sampling. Penelitian ini menggunakan 98 responden
dengan menyebarkan kuesioner pada nasabah BPRS.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel lokasi (X1),
kualitas pelayanan (X2) dan citra merek (X3) secara simultan (bersama-sama)
berpengaruh terhadap keputusan nasabah (Y) di BPRS SPM Pamekasan dengan
nilai fhitung lebih besar dari nilai ftabel (11,524 > 2,70) dan taraf sig (0,000 < 0,05).
Variabel lokasi (X1) secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan
nasabah (Y) di BPRS SPM Pamekasan dengan nilai thitung lebih besar dari nilai
ttabel (5,808>1.985) dan taraf sig (0,000>0,05). Variabel kualitas pelayanan (X2)
secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah (Y) di BPRS SPM
Pamekasan dengan nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel (0,39110,05). ariabel citra merek (X3) secara parsial tidak berpengaruh
terhadap keputusan nasabah (Y) di BPRS SPM Pamekasan dengan nilai thitung
lebih kecil dari nilai ttabel (-0,4250,05)
Tidak tersedia versi lain